Ini Alasan Toyota Memberikan Perhatian Besar Terhadap Pengembangan Kendaraan Listrik

Jum'at, 08 September 2023 - 10:48 WIB
loading...
Ini Alasan Toyota Memberikan Perhatian Besar Terhadap Pengembangan Kendaraan Listrik
PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menaruh perhatian besar terhadap pengembangan kendaraan rendah emisi yang ramah lingkungan di Indonesia. Foto: Sindonews
A A A
JAKARTA - Toyota memang jadi pabrikan mobil Jepang yang memberikan perhatian besar terhadap pengembangan kendaraan listrik di Indonesia. Selain sudah mengenalkan sejumlah kendaraan rendah emisi, mereka juga telah mengenalkan beberapa model mobil listrik hingga yang berbahan bakar etanol.

“Tidak hanya BEV (Battery Electric Vehicle) , tetapi kami juga memperkenalkan ‘Hybrid Electric Vehicle’. Di GIIAS 2023 kami memamerkan 100 persen kendaraan bermotor dengan bahan bakar bioetanol,” kata Presiden Direktur TMMIN Nandi Julyanto dalam acara “Indonesia Sustainability Forum” di Jakarta, Kamis (7/9) seperti dilansir Antara.

Nandi menegaskan, Toyota memang memberikan perhatian lebih terhadap industri otomotif berbasis ramah lingkungan. Sementara itu, di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, Toyota juga memamerkan mobil berbahan bakar bioetanol untuk seri Fortuner E100.

Nandi mengatakan, energi terbarukan untuk kendaraan bermotor sangat diperlukan untuk menggantikan sumber daya fosil yang selama ini masih digunakan masyarakat, khususnya di Indonesia.

Oleh karena itu, Toyota berinovasi dengan memproduksi ragam jenis kendaraan bermotor listrik dan bahan bakar terbarukan lainnya untuk mendukung keberlanjutan lingkungan.

“Sejak mengenalkan Innova Hybrid tahun lalu, kami siap memproduksi hampir 20 ribu unit Innova Hybrid. Selanjutnya, kami juga siap memproduksi kendaraan hybrid dengan model lainnya,” katanya.

Sebagai informasi, Toyota Indonesia telah mengeluarkan setidaknya tiga jenis kendaraan bermotor dengan tiga sumber daya terbarukan, yakni HEV (Hybrid Electric Vehicle), BEV (Battery Electric Vehicle), dan PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle).

Ini Alasan Toyota Memberikan Perhatian Besar Terhadap Pengembangan Kendaraan Listrik

HEV sendiri merupakan kendaraan yang menggunakan tenaga dari dua sumber energi, yakni BBM biasa dan baterai. Sehingga dapat dibawa berkendara lebih jauh dan ramah lingkungan.

Untuk HEV, terdapat tiga model utama kendaraan yang dihadirkan, yakni MPV, sedan, dan SUV. Selain itu, ada BEV atau mobil listrik murni yang sepenuhnya mengandalkan tenaga baterai untuk bergerak dan pengisian daya dilakukan melalui external charger.



Di seri tersebut, sejauh ini baru tersedia model SUV yang sudah menggunakan teknologi BEV. Terakhir, ada PHEV atau teknologi hybrid yang dikembangkan dengan opsi tambahan pengisian daya plug-in, sehingga kendaraan dapat melaju menggunakan baterai penuh dan beralih ke mode HEV saat dibutuhkan. Seri PHEV saat ini tersedia dalam model sedan dan SUV.

“Dengan peluncuran Innova, kami dapat menurunkan emisi karbon hingga 50 persen,” kata Nandi. Hal tersebut menurutnya sejalan dengan pentingnya standar emisi bagi semua orang, terutama di era perubahan iklim seperti saat ini.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2273 seconds (0.1#10.140)