Kia Segera Hadirkan Hatchback Listrik Harga Terjangkau pada Tahun 2025

Jum'at, 13 Oktober 2023 - 09:42 WIB
loading...
Kia Segera Hadirkan Hatchback Listrik Harga Terjangkau pada Tahun 2025
Mobil listrik Kia harga terjangkau akan diproduksi di pabrik Slovakia. Foto/Drive
A A A
JAKARTA - Kia memastikan akan menghadirkan mobil hatchback listrik Kia EV2 dengan harga terjangkau pada 2025. Mobil listrik berukuran kompak tanpa ekor itu merupakan bagian dari rencana Kia yang ingin merilis 17 mobil listrik baru hingga 2027.

“Kia EV akan diproduksi di 2025 di pabrik kami di Slovakia bersama mobil-mobil listrik lainnya," ujar keterangan Kia yang dikutip Drive, Jumat (13/10/2023).

Kia menerangkan untuk tahapan pertama Kia EV2 akan dipasarkan di wilayah Eropa. Selanjutnya dipertimbangkan lagi apakah mobil listrik berukuran kompak itu bisa dibawa ke wilayah Asia seperti di Indonesia dan Australia.



Pabrik di Slovakia milik Kia saat ini memang memproduksi hatchback Kia Ceed. Pabrik itu direncanakan akan berubah total menjadi pabrik mobil listrik. Direncanakan beberapa mobil listrik seperti Kia EV2, Kia EV3, Kia EV3 Small SUV, dan Kia EV4 sedan akan dibuat di pabrik tersebut.

Sampai saat ini Kia memang tidak terlalu terbuka mengenai detail mobil listrik hatchback andalan perusahaan mobil asal Korea Selatan itu nanti. Diperkirakan mobil itu akan jauh lebih kecil dibandingkan Kia EV3 SUV dan kuat dengan desain khas Eropa.
Kia Segera Hadirkan Hatchback Listrik Harga Terjangkau pada Tahun 2025


“Kia EV2 sangat unik dan mobil yang sangat penting buat pasar Eropa dan ukurannya lebih kecil dibandingkan EV3," ujar Ho-Sung Song, CEO Kia.

Soal harga Kia hanya memberikan sedikit petunjuk. Mereka memastikan dalam waktu dekat selain Kia EV2, mereka akan lebih dulu menjual Kia EV3 SUV, Kia EV4, dan Kia EV5.



Keempat mobil listrik baru dari mereka itu rencananya akan mengisi segmen harga mulai dari USD35.000 atau setara Rp547,5 juta hingga USD50.000 atau mencapai Rp782,2 juta. Bagaimana peluang masuk ke Indonesia? Kia memang mengkhususkan mobil hatchback listrik itu untuk negara-negara di benua biru.

Hanya saja diprediksi peluangnya masih ada karena saat ini Kia di Indonesia memang belum memiliki mobil listrik yang harganya di bawah Rp1 miliar. Saat ini PT Kreta Indo Artha (KIA) baru memasarkan Kia EV6 dan Kia EV9.

Kia EV6 saat ini dijual di harga Rp1,299 miliar. Begitu juga dengan Kia EV9 yang dijual di harga Rp1,975 miliar. Jadi bila ingin mengisi segmen mobil listrik di bawah Rp1 miliar, mereka bisa saja membawa Kia EV2 masuk Indonesia.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2419 seconds (0.1#10.140)