Penyebab Asap Putih pada Knalpot Mobil dan Cara Mengatasinya

Rabu, 01 November 2023 - 15:38 WIB
loading...
Penyebab Asap Putih pada Knalpot Mobil dan Cara Mengatasinya
Banyak penyebab asap putih keluar dari knalpot mobil, salah satunya kebocoran oli. (Foto: Suzuki)
A A A
JAKARTA - Penyebab asap putih pada knalpot mobil perlu diketahui oleh para pemilik kendaraan. Mobil yang mengeluarkan asap putih perlu diwaspadai. Sebab, hal tersebut menandakan ada sesuatu yang tidak beres pada kendaraan.

Terdapat beberapa penyebab asap putih keluar dari knalpot mobil, di antaranya adalah kebocoran oli. Berikut penyebab asap putih pada knalpot mobil dan cara mengatasinya dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (1/11/2023).

1. Air Pendingin Bocor


Untuk menjaga suhu serta mempertahankan kinerja mesin agar tetap optimal, diperlukan air pendingin. Namun, jika ada keretakan di dinding silinder, air pendingin tersebut dapat bocor dan masuk ke dalam silinder. Bila hal itu terjadi, knalpot akan mengeluarkan asap putih saat mesin mobil dihidupkan. Tidak hanya menyebabkan keluarnya asap putih, suhu mesin juga dapat memanas lantaran berkurangnya air pendingin.


2. Oli Bocor ke Ruang Pembakaran


Oli bocor yang masuk ke ruang pembakaran bisa juga menjadi penyebab keluarnya asap putih pada kendaraan. Fungsi oli adalah untuk melumasi hingga mendinginkan komponen mesin. Semakin sering oli bocor, pasti volumenya akan berkurang bahkan bisa habis. Komponen kendaraan yang seharusnya dilumasi oli pun menjadi tidak terlindungi, sehingga akan bergesekan dan dapat mengakibatkan kerusakan.

Terdapat beberapa penyebab oli bocor ke ruang pembakaran, seperti gasket bocor, klep bocor, silinder mesin yang aus, hingga adanya retakan pada dinding silinder.

3. Sisa Air di Knalpot


Ketika mencuci kendaraan, bisa saja air masuk serta tertinggal di knalpot . Saat mesin kendaraan dihidupkan, air menguap sehingga menghasilkan asap putih sewaktu mobil dinyalakan. Oleh karena itu, pastikan air tidak masuk ke knalpot. Hal ini karena dapat membuat pipa pembuangan cepat berkarat hingga akhirnya keropos.

4. Pengembunan Gas Buang


Pengembunan gas buang bisa menyebabkan keluarnya asap putih pada knalpot mobil. Biasanya hal tersebut akan hilang setelah mesin panas. Tetapi jika asap putih terus keluar meski mesin sudah panas, bisa saja ada masalah pada kendaraan yang perlu diperiksa.

5. Ring Piston dan Silinder Blok Aus


Ring piston dan silinder blok aus dapat menyebabkan oli bocor ke ruang pembakaran hingga menghasilkan asap putih. Keausan dapat terjadi karena pemeliharaan yang kurang baik hingga penggunaan jangka panjang.

Untuk mengatasi asap putih pada knalpot, berikut beberapa cara yang bisa diterapkan:



1. Periksa Lampu Indikator Mesin


Memeriksa lampu indikator mesin adalah salah satu cara mudah yang dapat dilakukan. Periksa secara seksama supaya kerusakan dapat terdeteksi secara akurat. Lampu indikator mesin dapat menjadi tanda apabila ada masalah dengan mesin.

2. Cek Oli Secara Berkala


Pastikan untuk memeriksa oli secara berkala. Cek apakah oli berada di bawah atau di batas normal. Jangan mengisi oli melebihi batas. Kelebihan pengisian dapat menyebabkan tekanan hingga mengakibatkan kebocoran. Selain itu, perlu diperhatikan juga penggunaan oli yang tepat.

3. Periksa Selang Udara


Cara berikutnya adalah dengan memeriksa selang udara yang mengarah ke mesin. Periksa apakah ada tetesan oli yang bocor atau adanya bekas tetesan yang memicu asap putih pada kendaraan. Apabila terlihat tanda-tanda tersebut, lepas selang kemudian lakukan perbaikan.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5128 seconds (0.1#10.140)