Ilmuwan Ciptakan Kaca Mobil Anti Kabut, dari Bahan Daur Ulang

Sabtu, 04 November 2023 - 22:00 WIB
loading...
Ilmuwan Ciptakan Kaca Mobil Anti Kabut, dari Bahan Daur Ulang
Lapisan kaca anti kabut ini menggunakan lignin, limbah dari pembuatan kertas dan bubur kertas. (Foto: The Cool Down)
A A A
JAKARTA - Para ilmuwan Finlandia sedang bereksperimen menggunakan limbah industri kertas. Limbah tadi ternyata dibuat menjadi barang industri yang bermanfaat untuk pelapis kaca anti kabut .

Para ahli mengembangkan terobosan ini di laboratorium unggulan FinnCERES dari Akademi Finlandia. Mereka menggunakan lignin, limbah yang sulit untuk diolah dari pembuatan kertas dan bubur kertas, untuk menciptakan lapisan transparan yang mencegah kabut pada kacamata dan jendela kendaraan.

Dikutip dari Phys.org, Sabtu (4/11/2026), lignin biasanya dibakar untuk menghasilkan panas. Namun, inovasi baru ini menyediakan alternatif terhadap lapisan sintetis yang digunakan pada lensa dan jendela dengan memanfaatkan polimer alami.

Lebih lanjut, metode ini menciptakan penyerap karbon. Ternyata lebih banyak polusi udara diserap atau dihindari daripada yang dihasilkan. Meskipun menggunakan lignin untuk teknologi anti-kabut bukan hal baru, menciptakan permukaan transparan dalam prosesnya selama ini sulit dicapai, kata para ahli dalam laporan FinnCERES.



"Penyemprotan optik harus transparan, tetapi sejauh ini bahkan film partikel lignin yang agak tipis pun terlihat," kata peneliti doktoral Alexander Henn, penulis utama studi ini.

Proses pembuatan lapisan bening, tahan kabut, dan reflektif ini cukup cepat dan esterifikasi. Proses kimia yang unik ini hanya membutuhkan beberapa menit dalam lingkungan yang dipanaskan hingga sekitar 140 derajat Fahrenheit.

Diagram yang dibagikan oleh FinnCERES menunjukkan bahan anti-kabut membersihkan pandangan pada kacamata ski. Potongan bahan yang ditampilkan dalam foto hampir mirip dengan potongan film kamera, dengan warna-warna unik.

Penemuan tambahan dari penelitian ini adalah bahwa proses ini dapat menciptakan "film" dan lapisan "fotonik" berwarna, seperti yang dilaporkan oleh laporan laboratorium tersebut.



"Jenis lapisan seperti ini sering digunakan dalam berbagai industri, termasuk kedokteran dan elektronika, untuk meningkatkan sifat refleksi, transmisi, atau polarisasi dari prisma, film polarisasi, filter warna, cermin, mozaik difraksi, dan lensa tahan api," tulis Dr. Priyom Bose untuk AZO Materials.

Varian berwarna ini menjadi bonus bagi tim FinnCERES. "Kemungkinan untuk membuat film fotonik datang sebagai kejutan total," kata Henn.

Para peneliti mengatakan teknik ini, yang terbukti layak melalui studi kelayakan, dapat diadaptasi secara menguntungkan ke tingkat industri.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1777 seconds (0.1#10.140)