Indonesia Terancam Jadi Tempat Pembuangan Mobil Konvensional

Selasa, 21 November 2023 - 09:37 WIB
loading...
Indonesia Terancam Jadi Tempat Pembuangan Mobil Konvensional
Toyota Astra Motor yang berupaya membangun ekosistem mobil listrik di Indonesia. Foto: TAM
A A A
JAKARTA - Indonesia diprediksi jadi tempat pembuangan mobil konvensional menurut riset dari Carbon Tracker . Apa sebabnya?

Saat ini Indonesia memang sedang sibuk berfokus pada kendaraan listrik, baik mobil maupun motor. Hanya saja, laporan Carbon Tracker justru kontraproduktif.

Lewat laporan Driving Change : How Electric Vehicle Can Rise in The Global South, Indonesia bersama 11 negara lainnya seperti Brasil, Argentina, Meksiko, India, Afrika Selatan, Uganda, Nigeria, Moroko, Kenya, Mesir, and Aljazair justru berpotensi jadi tempat pembuangan mobil-mobil konvensional.

Apa alasannya? Ternyata, ketika nanti pabrikan mobil di seluruh dunia tidak bisa lagi menjual mobil konvensional di negara-negara maju yang umumnya berada di bagian utara Bumi, maka mereka akan mengincar pasar negara berkembang seperti Indonesia.

Faktanya, mayoritas negara maju memang sepakat untuk tidak lagi menjual mobil konvensional pada 2030 hingga 2035 mendatang.

Ini berbeda dengan negara-negara di wilayah bagian selatan Bumi yang belum memberikan sikap resmi menghentikan penjualan mobil konvensional di wilayah mereka.

“Dengan konteks itu, maka negara-negara selatan dapat menjadi tempat pembuangan mobil konvensional karena produsen mobil ingin menjualnya di tempat yang masih mengizinkan hal tersebut setelah 2035," tulis laporan Carbon Tracker.

Analis Carbon Tracker Ben Scott mengatakan, negara-negera tersebut diprediksi bakal terjebak dalam ketergantungan pada bahan bakar fosil.

Selain itu, negara seperti Indonesia juga akan tergantung pada negara lain untuk kebutuhan bahan bakar.

“Impor bahan bakar ini mengakibatkan kerugian modal dan mata uang asing dalam jumlah besar,” kata Ben Scott.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2371 seconds (0.1#10.140)