Dealer Toyota Raih Sertifikat 'Green Building' Pertama di Antara Dealer Otomotif di Indonesia

Rabu, 27 Desember 2023 - 09:45 WIB
loading...
A A A
Zuriaty Silitonga, Human Capital & General Services Division Auto2000 mengatakan bahwa pemberian sertifikat tersebut menjadi salah satu bukti keseriusan Toyota dalam pelestarian lingkungan masa depan yang lebih hijau.

"Terima kasih atas pemberian Edge Advanced Certificate dari Green Building Council Indonesia. Tentunya hal ini menjadi salah satu bukti keseriusan kami dalam mendukung kebijakan pemerintah dalam Sustainable Development Goals (SDGs) juga sejalan dengan tujuan ASTRA 2030 Sustainability Aspiration. Kami berharap, beragam upaya yang dilakukan Auto2000 dalam pelestarian lingkungan dapat meningkatkan semangat kita semua untuk membantu mewujudkan lingkungan hidup yang lebih hijau dan nyaman untuk generasi mendatang," ujarnya.

Program EDGE bertujuan untuk mendorong pembangunan bangunan yang lebih berkelanjutan dan hemat energi di seluruh dunia. Sertifikat EDGE diberikan kepada bangunan yang memenuhi kriteria tertentu dalam hal efisiensi energi, air, dan bahan konstruksi.

Proses sertifikasi tersebut, melibatkan evaluasi terhadap desain bangunan yang mencakup faktor-faktor, seperti isolasi termal, sistem HVAC (Heating, Ventilation, and Air Conditioning), pencahayaan alami, manajemen air, dan lain-lain.

Sertifikat Green Building EDGE Advanced yang berhasil diraih oleh Toyota, dimana program EDGE bertujuan untuk mendorong pembangunan yang lebih berkelanjutan dan hemat energi.

Berdasarkan sertifikat tersebut, Auto2000 Wahid Hasyim telah memenuhi kriteria efisiensi sumber daya pada bangunan berupa air, energi dan mineral pada level 2, yaitu Edge Advanced dengan tingkat energy saving mencapai 40 persen.

Perinciannya untuk Auto2000 Wahid Hasyim adalah, 41 persen untuk energy saving yang dinilai dari efisiensi konstruksi bangunan, seperti efisiensi sistem pendingin dan lampu gedung. Berikutnya adalah 38 persen untuk Water Saving yang dinilai dari efisiensi penggunaan air di toilet, dapur, dan pencucian kendaraan, sementara yang terakhir adalah 38 persen untuk Less Embodied Energy in Materials di mana yang dinilai adalah efisiensi dalam penggunaan material bangungan.

Tak hanya itu, selama ini Auto2000 telah melakukan gerakan pelestarian lingkungan yang dilakukan secara mandiri. Seperti pemasangan solar panel di 45 cabang Auto2000 untuk menghasilkan tenaga listrik sendiri dalam menekan jejak karbon.

Auto2000 juga melakukan penanaman 4.000 bibit pohon mangrove dengan target dapat mengurangi 266,53 ton emisi gas CO2 di tahun 2030. Auto2000 telah melakukan pengelolaan limbah berbahaya bengkel, baik limbah cair maupun gas, dengan baik dan dipastikan aman bagi lingkungan di sekitar cabang Auto2000.

Itulah kenapa Toyota berhasil menjadi dealer pertama di Indonesia yang berhasil mengantongi Sertifikat Green Building EDGE Advanced dari Green Building Council Indonesia berkat teknologi yang ramah lingkungan. Ayo ciptakan lingkungan sehat dan lebih hijau untuk masa mendatang bersama Toyota!
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2489 seconds (0.1#10.140)