Inilah 6 Tanda Busi Motor Soak yang Perlu Diketahui

Sabtu, 13 Januari 2024 - 12:00 WIB
loading...
Inilah 6 Tanda Busi Motor Soak yang Perlu Diketahui
Tanda-tanda busi motor soak perlu dipahami agar kendaraan tidak sampai mogok di jalan. Foto: MotoDeal
A A A
JAKARTA - Tanda busi motor soak ini perlu diketahui oleh setiap pengendara, supaya dapat cepat diatasi dan kerusakan tidak semakin parah hingga mengganggu komponen mesin lainnya.

Busi adalah salah satu komponen penting dalam sistem pembakaran motor. Fungsi utama busi adalah untuk memicu proses pembakaran campuran bahan bakar dan udara dalam ruang bakar silinder mesin.

Untuk tanda busi motor soak atau rusak sendiri dapat bervariasi tergantung pada jenis masalah yang ada. Berikut beberapa tanda umum bahwa busi motor mungkin rusak.

6 Tanda Busi Motor Soak

1. Sulit untuk Menyalakan Motor

Jika motor sulit dinyalakan atau memerlukan usaha ekstra untuk menghidupkannya, bisa jadi busi tidak bekerja dengan baik.

2. Mesin Bergetar atau Berdetak

Busi yang rusak atau kotor dapat menyebabkan mesin bergetar atau berdetak saat beroperasi. Sehingga membuat pengendara tidak nyaman dalam berkendara.

3. Ketidakstabilan Mesin

Mesin yang tidak stabil, fluktuasi putaran mesin yang tidak normal, sulitnya untuk akselerasi atau kinerja mesin yang buruk dapat menjadi indikasi masalah pada busi.

4. Kenaikan Konsumsi Bahan Bakar

Jika motor tiba-tiba mengalami peningkatan konsumsi bahan bakar tanpa alasan yang jelas atau semakin boros, busi yang rusak mungkin menjadi penyebabnya.

5. Warna Asap yang Abnormal

Warna asap yang keluar dari knalpot bisa memberikan petunjuk tentang kondisi pembakaran. Busi yang rusak dapat menyebabkan pembakaran yang tidak sempurna dan menghasilkan warna asap yang lebih gelap dan tebal.


6. Suara Knalpot yang Tidak Normal

Suara knalpot yang tidak wajar, seperti terdapat dentuman atau letupan, dapat menunjukkan masalahpadabusi.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6607 seconds (0.1#10.140)