4 Penyebab Busi Motor Cepat Mati, Waspadai!

Jum'at, 17 Juni 2022 - 19:03 WIB
loading...
4 Penyebab Busi Motor Cepat Mati, Waspadai!
Sedikitnya ada empat penyebab busi motor cepat mati yang bisa diketahui. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada empat penyebab busi motor cepat mati yang bisa diketahui. Dengan memahami ulasan ini, pemilik kendaraan bisa meminimalisir hal-hal yang bisa membuat komponen tersebut mati atau rusak.

Busi merupakan salah satu komponen penting pada motor, terutama pada sistem pengapian. Dalam fungsinya, busi bertugas untuk melepas suhu panas yang berasal dari ruang pembakaran. Nantinya, panas tersebut akan dialirkan ke sistem pendingin mesin.

Baca juga : Tips Merawat Busi Motor Agar Performa Mesin Kendaraan Terjaga

Selain itu, busi juga berfungsi sebagai pengubah daya listrik yang berasal dari koil menjadi percikan api. Setelahnya, akan terjadi proses pembakaran untuk menghasilkan energi penggerak mesin.

Dalam beberapa kejadian, pengendara kerap mengalami busi motornya yang sering mati. Padahal, busi tersebut terkadang belum lama digunakan atau bisa dibilang masih baru.

Lantas, apa sajakah penyebab busi motor cepat mati atau rusak? Dilansir dari situs Suzuki, berikut ulasannya :

1. Posisi Busi Kurang Tepat

Pada beberapa kasus, pengendara memasang busi dengan terburu-buru. Melihat dari kemungkinannya, tentu hal tersebut bisa mengakibatkan posisi pemasangan busi yang kurang tepat.

Posisi busi yang terlalu longgar atau tidak tepat bisa membuat komponen ini menjadi cepat rusak atau mati. Tidak hanya itu, hal ini juga bisa merambah ke masalah pada mesin motor. Termasuk salah satunya adalah membuat tenaga motor menjadi loyo.

2. Kompresi Mesin Mengalami Kebocoran
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2435 seconds (0.1#10.140)