Apa yang Terjadi Jika Motor Injeksi Sering Kehabisan Bensin? Simak Penjelasannya

Selasa, 06 Februari 2024 - 21:00 WIB
loading...
Apa yang Terjadi Jika Motor Injeksi Sering Kehabisan Bensin? Simak Penjelasannya
Ada beberapa hal yang perlu diketahui jika motor injeksi sering kehabisan bensin. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Apa yang terjadi jika motor injeksi sering kehabisan bensin? Pertanyaan semacam ini mungkin pernah terlintas di benak seseorang, terutama bagi mereka yang punya motor injeksi.

Seiring perkembangan zaman, sepeda motor dengan teknologi injeksi telah banyak muncul di pasaran. Salah satu kelebihan yang sering disebutkan dari jenis motor ini adalah penggunaan bahan bakar yang lebih efisien.

Kendati irit bahan bakar, bukan berarti pemilik motor injeksi bisa seenaknya membiarkan kendaraannya kehabisan bensin. Tak hanya harus mendorongnya menuju pom atau warung yang menjual bensin, ada beberapa dampak buruk yang nantinya bisa muncul.

Lantas, apa saja dampak yang bisa muncul ketika motor injeksi sering kehabisan bensin? Simak ulasannya berikut ini:

Apa yang terjadi jika motor injeksi sering kehabisan bensin?

Motor injeksi memasok bahan bakar dengan bantuan dari pemompaan dinamo. Demi menjaga fungsinya agar tetap optimal, komponen tersebut memerlukan pendingin yang berasal dari bahan bakar.

Nah, ketika tangki bahan bakar kosong atau habis, kondisi ini akan membuatnya tidak lagi memperoleh pendingin. Akibatnya, cara kerja komponen tadi menjadi seperti dipaksakan.

Apabila kejadian bensin habis terjadi secara berulang, potensi kerusakan bakal menjadi lebih besar. Misalnya, seperti harus ganti fuel pump yang baru.

Selain itu, kebiasaan kehabisan bensin pada motor injeksi juga dapat menyebabkan kerja pompa BBM menjadi cepat panas atau lebih berat. Bukannya membantu performa, malah bisa muncul jenis kerusakan lainnya.

Kemudian, pompa bahan bakar juga dapat menjadi mudah berkarat jika keseringan kehabisan bensin. Hal ini terjadi karena kotoran yang hinggap di tangki motor terhisap oleh pompa bahan bakar. Alhasil, motor bisa mengalami brebet ketika bensinnya hampir habis.

Tips Aman Mengatasi Motor Injeksi Kehabisan Bensin

Melihat sejumlah potensi bahaya dari motor injeksi yang sering kehabisan bensin, pemilik kendaraan disarankan untuk selalu mengisi bahan bakar tepat waktu. Tak harus berpatokan pada indikator, jika dirasa sudah hampir habis, sebaiknya segera isi bahan bakar.

Bagi yang sudah terlanjur kehabisan bensin, ada sebuah tips yang perlu diperhatikan. Pertama, segera cari pom bensin atau tempat yang menjual bahan bakar.

Setelah mengisi bahan bakar, sebaiknya jangan langsung menyalakan mesin motor. Sebagai gantinya, Anda tetap harus memutar kunci ke posisi nyala atau on, lalu tunggu beberapa saat.



Selanjutnya, putar kembali kunci ke posisi mati/off. Ulangi cara tadi selama beberapa kali. Bukan tanpa alasan, hal ini dilakukan agar kendaraan bisa menyerap lebih dulu bahan bakar yang baru diisi. Barulah setelahnya bisa Anda hidupkan seperti biasa.

Jadi, terjawab sudah pertanyaan terkait “Apa yang terjadi jika motor injeksi sering kehabisan bensin?”. Semogabermanfaat.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1486 seconds (0.1#10.140)