3 Cara Merawat Rem Mobil saat Hujan, Jangan Sepelekan!

Kamis, 14 Maret 2024 - 12:03 WIB
loading...
3 Cara Merawat Rem Mobil saat Hujan, Jangan Sepelekan!
Cara merawat rem mobil saat hujan tidak boleh disepelekan karena berdampak besar. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Cara merawat rem mobil saat musim hujan penting diketahui pengendara. Terlebih, rem sendiri menjadi salah satu komponen penting dalam keselamatan berkendara.

Saat musim hujan tiba, terdapat beberapa komponen mobil yang berpotensi mengalami masalah. Salah satunya yang cukup sering dihadapi pengendara adalah pada bagian pengereman.

Jenis masalahnya pun beragam, seperti rem tangan macet hingga kampas rem terkunci saat parkir. Beberapa kondisi tersebut tidak boleh disepelekan mengingat pentingnya fungsi rem dalam kendaraan.

Lantas, bagaimanakah cara merawat rem mobil saat hujan? Dihimpun dari berbagai sumber, Rabu (13/3/2024), berikut ini di antaranya yang bisa disimak.

Cara Merawat Rem Mobil saat Hujan

1. Periksa Kondisi Secara Berkala

Cara utama yang wajib diperhatikan pengendara adalah memastikan kinerjanya berjalan dengan baik. Hal ini tidak boleh disepelekan karena memang perannya yang vital bagi kendaraan.

Sebuah rem yang berfungsi dengan baik akan memberikan traksi dan pengereman yang efektif, termasuk ketika melewati jalan basah. Maka dari itu, periksalah secara berkala termasuk pada bagian kampas hingga cairan rem.

2. Hindari Kondisi Kampas Rem Lengket

Saat musim hujan, kampas rem berpotensi menjadi lengket akibat genangan air. Alasannya karena komponen tersebut memang mudah mengembang setelah terkena air.

Jika dibiarkan, kondisi di atas berpotensi membuat kampas rem nge-lock alias terkunci. Sebagai antisipasi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, khususnya ketika berkendara saat hujan.

Salah satunya seperti menjalankan mobil dengan pelan ketika melewati genangan air atau banjir. Selain berjalan pelan, injaklah rem secara perlahan agar tromol atau sepatu rem menjadi cepat kering.


3. Mencari Tempat Parkir yang Aman

Tips berikutnya adalah mencari tempat yang aman bagi kendaraan. Karena konteksnya musim hujan, aman di sini maksudnya adalah terhindar dari air hujan.

Adapun tujuannya adalah menghindari bagian-bagian sistem pengereman mobil dimasuki air. Misalnya, seperti bagian kampas agar tidak lengket dan membuat rem terkunci.

Demikianlah ulasan mengenai cara merawat rem mobil saat musim hujan. Semoga bermanfaat.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3384 seconds (0.1#10.140)