Buktikan Bumi Bulat Pria Ini Sampai Naik ke Puncak Gunung

Selasa, 18 Agustus 2020 - 12:48 WIB
loading...
Buktikan Bumi Bulat Pria Ini Sampai Naik ke Puncak Gunung
Seorang videografer di Kanada bernama Mark Harrison mengunggah konten di akun berbagi video pendek yang membuktikan jika Bumi itu bulat. Foto/@MarkHarrison
A A A
JAKARTA - Manusia telah mengetahui bahwa Bumi itu bulat selama lebih dari 2.000 tahun, tapi banyak ahli teori konspirasi yang masih bersikeras bahwa planet yang kita tempati ini datar. (Baca juga: Bisa Enggak Kamera Note20 Ultra Punya Foto Kayak Gini Ya.. .)

Perbincangan soal Bumi bulat atau datar memang masih menjadi topik hangat di seluruh dunia. Terbaru, seorang konten kreator di media sosial memberikan pendapatnya mengenai hal ini.

Seorang videografer di Kanada bernama Mark Harrison mengunggah konten di akun berbagi video pendek yang membuktikan jika Bumi itu bulat. Dia menggunakan kamera 360 derajat yang dipasang di tiang untuk menjelaskan argumennya.
Buktikan Bumi Bulat Pria Ini Sampai Naik ke Puncak Gunung

Dalam video itu dia naik ke sebuah tempat yang diklaim sebagai titik tertinggi di wilayah British Columbia, kemudian Harrison mengarahkan kamera ke awan.

"Saya berada di titik tertinggi di BC (British Columbia) dan saya menggunakan selfie stick yang mengarah ke atmosfer," kata Harrison dikutip dari laman Mirror, Selasa (18/8/2020).

"Ini adalah uji coba terakhir untuk menunjukan fakta jika Bumi berbentuk bulat," sambungnya.

Harrison juga memperpanjang tiang kameranya. Ini membuat gambaran Bumi yang menunjukkan formasi bulat.

Video pembuktian Bumi bulat ini sudah ditonton sejak 26 juta kali. Tak sedikit warganet yang meninggalkan komentar diunggahan tersebut.

Sementara itu, ilmuwan membuktikan Bumi bulat menggunakan geodesi, yaitu ilmu mengukur bentuk, gravitasi serta rotasi Bumi. Geodesi memberikan pengukuran akurat yang menunjukkan bahwa Bumi itu bulat. (Baca juga: Wow! Harga Emas Antam Terbang Lagi )

Dengan GPS dan satelit lain, para ilmuwan dapat mengukur ukuran dan bentuk Bumi hingga satu sentimeter. Gambar dari luar angkasa juga menunjukkan Bumi berbentuk bulat seperti bulan.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1836 seconds (0.1#10.140)