China Produksi Mesin Diesel Canggih yang Super Irit

Jum'at, 03 Mei 2024 - 07:04 WIB
loading...
China Produksi Mesin Diesel Canggih yang Super Irit
Mesin Diesel Canggih asal China. FOTO/ SCMP
A A A
BEIJING - Perusahaan teknik asal China, Weichai Power, berhasil memproduksi mesin diesel modern dengan efisiensi termal hingga 53,09%. Mesin ini dipamerkan bersamaan dengan pameran World Congress on Internal Combustion Engines 2024 di Tianjin, China.



Yang lebih manis lagi keberhasilan ini telah diakui oleh TÃœV SÃœD, sebuah badan internasional yang berperan untuk memeriksa mesin dan mesin ini juga diakui oleh China Automotive Technology & Research Center, lembaga inspeksi mesin lainnya yang berasal dari Tiongkok.

Menariknya, mesin ini mampu mengubah energi kimia menjadi energi kinetik dengan kehilangan panas yang sangat minim, tanpa memerlukan mekanisme pemulihan panas.

Seperti dilansir dari SCMP. sebagai perbandingan, angka tertinggi yang bisa dicapai mesin diesel saat ini hanya 46%.

Peningkatan angka ini sejalan dengan penurunan konsumsi bahan bakar dan emisi karbon dioksida sebesar 14%. Aspek yang ditingkatkan oleh perusahaan Weichai Power tersebut antara lain pada sistem penyaluran bahan bakar, rongga pemasukan udara, pembakaran dan juga pengurangan gesekan mekanis.

Weichai Power juga meningkatkan aspek pembakaran ekspansi tinggi, tekanan dalam silinder, sistem injeksi bahan bakar efisiensi tinggi, dan teknologi material dalam mengurangi gesekan. Selama pengembangan, Weichai Power menerima 176 paten inovasi dan 68 paten model.

Weichai Power juga memproduksi dan memasok berbagai mesin diesel untuk penggunaan truk, kelautan, industri, gen-set, pertanian, dan konstruksi. Weichai Power juga mempekerjakan hingga 20.000 staf di bidang penelitian dan pengembangan mesin diesel di 5 negara.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4248 seconds (0.1#10.140)