Diprediksi Meluncur di Indonesia, Ini Tujuan Yamaha Pakai Mesin Turbo

Minggu, 09 Juni 2024 - 07:48 WIB
loading...
Diprediksi Meluncur di Indonesia, Ini Tujuan Yamaha Pakai Mesin Turbo
Mesin Turbo buatan Yamaha yang bertujuan membuat laju kencang namun sedikit emisi. FOTO/ DL Powersport
A A A
JAKARTA - Yamaha I ndonesia disinyalir akan meluncurkan motor Turbo pekan depan hal ini terkuak usai teaser motor tersbut muncul akun sosial media resmi Yamaha.



Namun hingga berita ini ditayangkan pihak Yamaha Indonesia belum mengeluarkan pernyataan resminya.

Penggunaan turbocharger pada mesin untuk menekan emisi gas buang sekaligus mengurangi konsumsi BBM sudah menjadi salah satu kewajiban di pabrikan mobil.

Selain dua hal tersebut di atas, turbocharger memberi keuntungan dari sisi keluaran tenaga besar meski kapasitas mesin kecil.

Namun pemanfaatan turbocharger belum diadopsi oleh pabrikan motor. Dan baru-baru ini Yamaha dilaporkan tengah memulai pengembangan turbocharger untuk sepedamotor serta akan menjadi sumber tenaga di model-model masa depan mereka.

Sejatinya, para insinyur Yamaha sendiri sudah memulai project pengembangan mesin turbo ini sejak 2017.

Dan jauh sebelumnya, pada 1982-1984 Yamaha sendiri pernah punya mesin 4 silinder turbocharged XJ650 berkapasitas 653cc bertenaga 90 hp pada 9.000 rpm.

Untuk pengembagan kali ini, perusahaan sepedamotor berlambang garpu tala tersebut kabarnya memulai eksperimennya ini dengan tata letak turbo pada mesin.

Memiliki dimensi yang lebih kecil, penempatan turbo pada mesin sepedamotor tentu menjadi tantangan tersendiri. Dan Yamaha mencoba meletakannya di dalam knalpot yang tergolong kurang lazim posisinya sementara lainnya disematkan sewajarnya di dekat manifold.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7272 seconds (0.1#10.140)
pixels