Knalpot Berasap Hitam, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Rabu, 14 Agustus 2024 - 14:53 WIB
loading...
Knalpot Berasap Hitam,...
Ketika ada yang tak berjalan semestinya, knalpot mengeluarkan asap yang hitam pekat disertai bau gosong. Foto/Suzuki
A A A
JAKARTA - Ketika motor berjalan terkadang kondisi knalpot berasap hitam. Jika pengendara tahu penyebab dan cara mengatasinya, tak bakal menyesal.

Warna asap bisa menjadi indikator proses pembakaran kendaraan. Ketika ada yang tak berjalan semestinya, knalpot mengeluarkan asap yang hitam pekat disertai bau gosong.
Sewajarnya asap yang keluar dari knalpot berwarna putih atau transparan. Semakin pekat hitam, maka menandakan makin banyaknya gas beracun.

Melansir laman resmi Suzuki, Rabu (14/8/2024) berikut penyebab dan cara mengatasi knalpot berasap hitam.

1. Campuran bahan bakar tak sempurna


Perbandingan Air Fuel Mixture atau AFM menentukan proses pembakaran. Untuk perbandingan normalnya di angka 14:1, artinya molekul udara haruslah berbanding satu dengan molekul bahan bakar minyak. Apabila rasio berubah menjadi 16:1 maka tergolong campuran ramping dan masih aman.

Ketika angka rasionya menjadi 12:1 atau di bawahnya, maka campuran bahan bakar tidak sempurna dan boros. Bahan bakar tak tercampur dengan sempurna bersama molekul udara mengakibatkan percikan busi kendaraan. Hal ini dapat memicu kebakaran yang menjalar bertahap. Kondisi inilah yang menyebabkan asap knalpot menjadi hitam.

2. Filter oksigen tersumbat


Filter oksigen bisa menjadi kotor jika tersumbat dan oksigen akan kesulitan untuk masuk. Akibatnya bisa memperpendek usia busi, membuat kendaraan tersendat, dan mengalami masalah knalpot berasap hitam pekat.

3. Sistem injeksi rusak


Mesin penggerak menggunakan komponen injektor untuk melakukan proses injeksi sejumlah bensin ke intake manifold. Namun, pencampuran bensin dan molekul udara bercampur di intake sebelum memasuki ruang bakar. Sensor pembaca pun tak berfungsi sebagaimana mestinya. Akibatnya terjadi pencampuran bensin yang juga berlebihan dan menimbulkan asap knalpot hitam.

Ketika tanda-tanda asap knalpot menghitam, ada beberapa cara mengatasinya :

Setel Ulang Karburator


Karburator bertugas menentukan rasio udara dan bensin, dapat disetel ulang bila mulai menunjukkan fungsi yang tak semestinya. Putar sekrup hingga hasilnya ideal. Tapi apabila ada masalah seperti rusak pada main jet, maka sebaiknya karburator diganti saja.

Pembersihan Ruang Silinder


Bawa kendaraan ke bengkel untuk dilakukan pembersihan pada ruang silinder supaya dapat menghilangkan dari sisa-sisa bahan bakar minyak yang mengendap.

Check Up Kondisi Mesin


Hal ini perlu dilakukan ketika ada masalah pada injeksi dengan membawa ke bengkel terdekat untuk dicek kondisi mesin pada kendaraan.

Rutin Servis


Servis ringan ataupun pergantian komponen jika memang ada komponen yang sudah tak layak dan harus diganti.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1530 seconds (0.1#10.140)