7 Penyebab Karburator Banjir, Lengkap dengan Cara Mengatasinya

Senin, 21 Oktober 2024 - 18:00 WIB
loading...
7 Penyebab Karburator...
Karburator banjir bisa disebabkan oleh beberapa hal, penting untuk tahu cara mengatasinya. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Karburator banjir adalah kondisi di mana karburator mengalami kelebihan bahan bakar sehingga mengganggu kinerja mesin.

Karburator banjir dapat disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari kesalahan rakitan hingga adanya kerusakan dalam komponen karburator.

Fungsi karburator dalam kendaraan sendiri adalah untuk mencampurkan udara serta bahan bakar yang sesuai. Karena itulah kondisi karburator kendaraan perlu dijaga.

Penyebab Karburator Banjir

1. Kran Bensin Rusak

Kran yang rusak membuat aliran bensin terjadi terus menerus ketika mesin menyala ke karburator. Dampaknya adalah banjir pada bagian karburator. Kerusakan pada kran bensin ini hanya bisa diperbaiki dengan mengganti dengan yang baru.

2. Kesalahan Perakitan

Ketidaktepatan dalam merakit ini mengakibatkan beberapa hal seperti pelampung karburator yang terjepit. Jika hal ini terjadi maka pelampung tidak bekerja untuk menggerakan jarum pelampung yang jadi indikator bensin sudah penuh.

Solusi yang bisa dilakukan adalah memasang ulang karburator dengan tepat. Sebaiknya dilakukan di bengkel resmi.

3. Spring Needle Valve Patah

Meskipun jarum pelampung dibuat dari bahan logam, namun patah terjadi pada sambungan dengan pelampung. Ketika patah, pengguna hanya bisa menggantinya dengan yang baru satu paket dengan pelampung.

4. Kondisi Jarum Pelampung Buruk

Setiap karburator dilengkapi dengan jarum pelampung yang berfungsi untuk menutup saluran bensin pada saat suplai sudah penuh. Kerusakan pada jarum ini adalah hal yang wajar karena terbuat dari karet dan bisa saja sudah aus.

Jika sudah aus maka jarum tersebut perlu diganti dengan yang baru, namun jika hanya kotor maka dapat dibersihkan saja.

5. Pelampung Bocor

Pelampung karburator didesain agar bisa mengontrol permukaan bahan bakar di ruang pelampung. Ketika bocor maka pelampung tidak bisa lagi mengambang dan mengatur tinggi rendahnya permukaan bensin dalam ruang pelampung.

Kebocoran pelampung tidak bisa diperbaiki, pengguna harus mengganti pelampung dengan yang baru agar bisa bekerja dengan baik kembali.

6. Kerusakan Selang Pembuangan

Setiap karburator akan terhubung dengan selang pembuangan yang harus dipasang dengan kencang. Pada saat bensin yang masuk ke mangkuk karburator berlebihan maka akan dibuang melalui selang ini.



Kerusakan pada selang yang sering terjadi adalah pemasangannya yang tidak kencang sehingga bensin menetes terus menerus. Karena itu, pengguna harus mengecek kembali apakah benar terjadi penyumbatan, jika iya maka segera perbaiki agar sistem pembuatan karburator berjalan dengan lancar.

7. Karburator Sudah Rusak

Penyebab karburator banjir yang terakhir adalah karburator pada motor sebenarnya sudah rusak. Karburator yang sudah rusak tidak bisa diperbaiki atau hanya dibersihkan dari kerak saja, tapi harus menggantinya denganyangbaru.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1405 seconds (0.1#10.140)