Stimulan Suzuki untuk Gairahkan Pasar Otomotif

Kamis, 15 Oktober 2020 - 14:15 WIB
loading...
Stimulan Suzuki untuk Gairahkan Pasar Otomotif
PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tetap berikhtiar menggairahkan pasar automotif. Foto/dok
A A A
JAKARTA - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tetap berikhtiar menggairahkan pasar automotif dengan konsisten memberikan stimulan berupa produk-produk baru. Seperti apa ceritanya?

Melemahnya pasar automotif Indonesia selama pandemi Covid-19 memang bukan berita baru. Pelemahan ekonomi membuat banyak orang berhitung ulang dalam melakukan transaksi jual-beli termasuk pada produk-produk automotif. Hal itu otomatis membuat semua pabrikan otomotif menunda strategi pemasaran mereka. Termasuk menahan peluncuran produk baru yang dianggap tidak akan berkontribusi maksimal pada penjualan. (Baca: 7 Amalan Setelah Berwudhu dan Keutamaannya)

Suzuki justru melangkah dengan berbeda. Tidak main-main di tahun ini mereka setidaknya meluncurkan lima produk baru. Di awal tahun, sebelum Presiden Joko Widodo mengumumkan pasien pertama Covid-19 di Indonesia, mereka udah meluncurkan dua produk yang sukses diterima pasar Suzuki XL7 dan Suzuki Carry Pickup Luxury.

Kedua produk itu hebatnya berhasil mendongkrak penjualan Suzuki. Di saat brand lain melemah penjualan Suzuki justru terkerek. Di saat masa-masa pandemic yang sudah lebih dari setengah tahun itu, Suzuki justru tetap terus melaju mengeksekusi rencana kerja mereka di tahun ini.

"Tidak ada pengurangan peluncuran produk baru, terutama pasar Indonesia," ujar Harold Donnel, Head of 4W Brand Development & Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). (Baca juga: Prioritas Pemberian Vaksin kepada Tenaga Pendidik Diapresiasi)

Janji itu memang dibuktikan oleh Suzuki pada awal Oktober ini. Dalam merayakan 50 tahun Suzuki di Indonesia mereka menghadirkan tiga varian baru Suzuki di ajang Indonesia Modification Expo (IMX) 2020. Ketiga mobil itu adalah Suzuki Karimun Wagon R 50th Edition, Suzuki Ignis Time Attack dan Suzuki XL7 x NMAA.

Ketiga mobil itu tidak hanya sekadar baru tapi juga meliki kelebihan khusus dibandingkan mobil yang sudah ada. Misalnya Suzuki XL7 x Signal Kustom yang dilengkapi teknologi Smart e-Mirror. Head of 4WD Product Development PT Suzuki Indomobil Sales Yulius Purwanto mengatakan Smart e-Mirror yang ada di Suzuki XL7 x Signal Kustom akan semakin meningkatkan sisi fungsionalitas mobil tersebut.

Nah yang menarik kamera itu tidak hanya di bagian belakang saja tapi juga di bagian depan. Kamera yang ada di depan justru punya fungsi lain yakni merekam segala peristiwa yang terjadi sepanjang perjalanan. "Fungsi kamera depan itu seperti dash cam yang lagi tren sekarang. Bedanya ketika terjadi peristiwa yang merekam tidak hanya kamera depan saja tapi juga kamera belakang," jelas Yulius. (Baca juga: Diare Juga Bisa Jadi Gejala Awal Terjangkit Covid-19)

Begitu juga dengan Suzuki Ignis Time Attack yang memang dijadikan Suzuki dan Garasi Drift sebagai giveaway IMX 2020. Mobil itu justru berhasil membangkitkan potensi anak negeri dalam berkarya di dunia automotif dengan hadirnya produk velg dalam negeri berkualitas internasional, DNZ Velg.

“Kami berterimakasih dengan Suzuki karena lewat kesempatan ini kami bisa menghasilkan produk dalam negeri,” ucap Dipo dan Ziko dari Garasi Drift.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2225 seconds (0.1#10.140)