Kursus Programming Nextgen Kenalkan Metode Belajar Pemrograman Siap Pakai

Selasa, 27 Oktober 2020 - 21:08 WIB
loading...
Kursus Programming Nextgen Kenalkan Metode Belajar Pemrograman Siap Pakai
Bermodal pengalaman panjang sebagai perusahaan outsourcing IT, Nextgen memutuskan membuka kursus pemrograman online untuk umum. Foto/Ist
JAKARTA - Nextgen yang dikenal sebagai salah satu perusahaan pemasok IT profesional bagi banyak perusahaan besar di Indonesia, memutuskan membuka kursus pemrograman online untuk umum. (Baca juga: Tertarik Beasiswa Pendidikan Kursus Bahasa Turki, Segera Daftar di Sini )

Bermodal pengalaman panjang sebagai perusahaan outsourcing IT, Nextgen yakin keputusan ini bisa mencetak lebih banyak programmer yang memenuhi kualifikasi banyak perusahaan.

“Lama menjadi perusahaan outsourcing IT profesional membuat kami paham kalau jumlah programmer siap pakai, atau yang memenuhi kualifikasi industri masih sangat sedikit dibandingkan permintaan. Metode belajar di kursus programming Nextgen fokus untuk menyelesaikan masalah ini,” kata Mirfan Brainer, CEO Nextgen, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (27/10/2020).

Metode belajar kursus programing Nextgen, klaim Mirfan, dipersiapkan agar peserta langsung punya keahlian siap pakai sesuai kualifikasi yang dibutuhkan industri. Dalam implementasinya, selain mempelajari teori, peserta juga dilatih mengerjakan tugas coding untuk proyek kecil sampai yang skalanya besar.



Proyek-proyek itu nantinya akan diperiksa secara otomatis oleh aplikasi khusus yang disediakan oleh Nextgen. “Metode ini sebelumnya telah kami terapkan dalam program Bootcamp Internal Nextgen yang telah berlangsung selama bertahun-tahun. Hasilnya terbukti sangat efektif. Lulusan bootcamp hingga saat ini banyak berperan dalam proyek-proyek strategis di berbagai perusahaan rekanan Nextgen," kata Mirfan.

Dia menambahkan, ini bisa terjadi karena selama bootcamp mereka langsung mendapat pengalaman aplikatif, sehingga kemampuan programming mereka langsung teruji. "Dan itu juga yang akan didapatkan semua seserta kursus programming online Nextgen,” tambah Mirfan.

Ada banyak variasi bahasa pemrograman yang bisa dipelajari peserta kursus programming Nextgen. Anda yang ingin mendalami web programming bisa mengambil kursus HTML, Javascript dan Jquery.

Atau jika ingin belajar bahasa pemrograman berbasis OOP, Anda bisa mengambil kursus JAVA. Selain itu, Nextgen menyediakan kursus framework bahasa pemrograman seperti Java Spring dan Hibernate, serta kursus pengembangan perangkat lunak, yakni untuk Point of Sale, yang menurut Mirfan akan mejadi “proyek” cukup komplit karena pesertanya harus mempelajari dan mengerjakan semua aspek. Mulai CRUD master data, login, security, transaksi, sampai reporting.

Pilihan kursus Nextgen dapat Anda ambil sesuai minat atau dalam bentuk paket bagi yang ingin mempelajari beberapa keahlian pemrograman sekaligus. Proses pembelajaran dilakukan lewat video conference dan berbagai saluran komunikasi online lainnya.

"Jika dibutuhkan, para instruktur berpengalaman Nextgen juga bisa memberikan pendampingan personal, dengan biaya tambahan," katanya lagi.



Tak ada batasan waktu tertentu untuk menyelesaikan kursus-kursus di atas. Karena fokus pada pengerjaan tugas coding dan proyek, maka durasi penyelesaian setiap kursus akan tergantung pada keberhasilan dan kecepatan usaha peserta.

“Jika peserta mengerjakan tugas belajar dan proyeknya, katakanlah rata-rata lima jam sehari, ada yang bisa menyelesainkan kursus ini dalam satu sampai dua minggu. Tapi ada juga yang sampai dua bulan dan itu tak masalah selama dia betul-betul bisa mengerjakannya dengan baik, punya keahlian programing yang dapat diandalkan setelah menyelesaikan kursus,” papar Mirfan.

Semua yang menyelesaikan kursus akan mendapat sertifikat kelulusan dari Nextgen, dan berhak mencantumkan proyek kursusnya sebagai pengalaman proyek dalam resume pengalaman kerja. “Pencantuman ini dapat dipertanggungjawabkan,” tandas Mirfan. (Baca juga: Samsung Indonesia Luncuran 3 Perangkat Sehat Menghadapi New Life )
(iqb)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE