Ayah dan Ibu, Begini Cara Memanfaatkan Kamera Smartphone untuk Tugas Video Sekolah Anak

Senin, 16 November 2020 - 19:15 WIB
loading...
Ayah dan Ibu, Begini Cara Memanfaatkan Kamera Smartphone untuk Tugas Video Sekolah Anak
Kebanyakan smartphone telah dilengkapi kamera yang cukup mumpuni untuk merekam video. Tapi, akan percuma jika tidak bisa mengoptimalkannya.
A A A
JAKARTA - Sekolah online di masa PSBB transisi di Jakarta seperti sekarang tidak menjadikan anak bebas tugas. Justru sebaliknya, terkadang guru justru memberikan tugas yang “nyeleh”. Salah satunya membuat video interaktif.

Memang, kebanyakan smartphone telah dilengkapi kamera yang cukup mumpuni untuk merekam video.

Namun demikian, para orang tua masih merasa kesulitan untuk membantu tugas video sekolah untuk anaknya agar kualitas perekaman dari smartphone tampil bagus.
Nah, berikut sejumlah tips yang dapat dimanfaatkan orang tua:



1. Gunakan Tripod
Membuat video dengan subyek anak-anak cukup sulit. Sebab, mereka selalu tampil atraktif dan banyak bergerak. Jadi, sangat menyulitkan kita jikahanya mengandalkan smartphone. Menggunakan tripod akan membantu menghasilkan video yang lebih stabil. Jangan khawatir, banyak tripod harganya cuma puluhan ribu dan itu sudah cukup.

2. Manfaatkan Fitur Penstabil Gambar
Tidak semua smartphone dilengkapi penstabil gambar. Beberapa fitur penstabil gambar juga dilengkapi kombinasi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Bahkan mengkombinasikan sensor di smartphone seperti gyroscope. Salah satunya fitur Ultra Steady Pro di Oppo Reno4.

3. Pelajari Fitur di dalam Smartphone
Smartphone modern banyak memiliki fitur yang bisa membuat hasil perekaman lebih menarik. Contohnya fitur background yang terlihat blur atau bokeh. Dimana pengguna bisa mengisolasi subyek, sementara latar belakang gambar jadi blur. Ada pula banyak filter video juga dapat diterapkan untuk membuat hasil video tampil beda. Begitu pula dengan fitur kecerdasan buatan, seperti isolasi warna.

4. Atur Resolusi Terbaik
Apabila tugas video sekolah akan dikirimkan dalam bentuk file video mentah melalui layanan Cloud, sebaiknya kita memberin resolusi video tinggi. Beberapa smartphone sanggup merekam video 4K. Dengan kemampuan resolusi gambar tinggi maka hasil video akan jelas, tajam, dan jernih. Tapi, jika tidak dirasa perlu, 1080p pun sudah cukup.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1684 seconds (0.1#10.140)