Jual 240 Ribu Skuter Listrik di China, Niu Jadikan Indonesia Target Pasar Potensial

Minggu, 29 November 2020 - 22:44 WIB
loading...
Jual 240 Ribu Skuter Listrik di China, Niu Jadikan Indonesia Target Pasar Potensial
Sepeda motor listrik pintar Niu NQi GT dan Niu Gova akan meramaikan pasar motor listrik di Indonesia pada 2021.
A A A
JAKARTA - Akhir tahun ini, pasar skuter listrik akan dimeriahkan dengan kehadiran dua merek baru. Yakni, sepeda motor listrik pintar Niu NQi GT dan Niu Gova. Siapa sebenarnya Niu? Apakah mereka akan bisa mengubah tren motor/skuter listrik di Indonesia?

”Volume penjualan kami di China naik 70 persen diibanding tahun lalu. Sedangkan pasar internasional karena Covid-19, hanya tumbuh 6 persen saja,” ujar CEO Niu Yan Li.

Nah, yang menarik, pada Desember nanti Indonesia menjadi negara pertama yang menjadi tempat diluncurkannya sub-brand baru mereka Gova. ”Kami sangat antusias dengan prospek pertumbuhan pasar Indonesia dan berencana untuk memperlebar portofolio produk serta jaringan penjualan dalam beberapa tahun kedepan,” ujarnya kepada situs Electrec.co.

Niu NQi GT
Jual 240 Ribu Skuter Listrik di China, Niu Jadikan Indonesia Target Pasar Potensial

Niu memiliki banyak sekali model skuter elektrik. Namun, yang jadi andalan pertama di Indonesia adalah Nio NQi GT.

Motor dengan berat 95 kg itu menggendong baterai Lithium 18.650 mAh buatan Panasonic. Baterai jenis yang sama dengan baterai dalam Tesla Model S.

Mampu digunakan hingga 140 km, dengan pengisian daya 3,5 jam-4 jam. Adapun motor listrik Bosch 3.500 watt mampu dipacu hingga kecepatan tertinggi 70 km / jam.

Sistem pengereman EBS menyediakan jarak pengereman 50% lebih pendek daripada kebanyakan skuter lainnya. Juga menyediakan Kinetic Energy Recovery System (KERS) atau pengereman regeneratif di mana energi dari pengereman dikembalikan ke baterai.

Yang menarik, Niu NQi GT dapat terhubung ke ponsel pintar. Pemantauan baterai hingga GPS, serta riwayat perjalanan bisa dilihat dari aplikasi NIU. Aplikasi tersebut menyediakan sistem anti-pencurian yang memperingatkan pengemudi ketika skuter dipindahkan.

Ada GPS sehingga pengguna dapat melacak posisi skuter real time. Niu memang belum mengumumkan harga resmi Niu NQi GT, namun sejumlah situs online sudah menjualnya dengan banderol Rp75 jutaan.

Apa Beda Niu NQi dan Gova?
Jual 240 Ribu Skuter Listrik di China, Niu Jadikan Indonesia Target Pasar Potensial

Pertama, NQi dan Gova akan ada di dua segmen yang berbeda. Gova menjadi sub brand dari Niu. Menggunakan penyebutan Gova.Untuk NQi dan produk Niu dirancang sebagai skuter canggih. Sehingga bisa terhubung ke aplikasi smartphone. Adapun Gova tidak memiliki fitur tersebut.

Apakah Niu NQi memiliki STNK dan legal dipakai dijalan? Jawabannya adalah ya. STNK untuk produk Niu NQi sudah sudah tersedia (terdaftar dan siap diurus). Ketika Niu NQi sudah bisa dibeli mulai bulan depan, Gova akan dikenalkan secara resmi di Indonesia sekitar awal tahun depan.

Secara positioning, Niu akan membawa dua merek ke Indonsia. Pertama, adalah Niu yang menargetkan pengguna skuter listrik premium. Kemudian Gova menargetkan konsumen entry level dengan harga yang lebih terjangkau.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3232 seconds (0.1#10.140)