Wow, Biaya Bikin 1 Unit Mobil Pemadam Kebakaran Bisa Mencapai Rp30 Miliar!

Kamis, 21 Januari 2021 - 18:05 WIB
loading...
Wow, Biaya Bikin 1 Unit Mobil Pemadam Kebakaran Bisa Mencapai Rp30 Miliar!
Paling murah karoseri mobil pemadam kebakaran dibanderol Rp1,5 miliar dan paling mahal bisa mencapai Rp30 miliar.
JAKARTA - Tidak semua industri otomotif mengalami kehancuran akibat pandemi Covid-19 . Salah satunya adalah perusahaan yang bergerak di sektor modifikasi mobil pemadam kebakaran.

Factory Manager PT Pundarika Atma Semesta, Waluyo mengatakan, pihaknya berhasil memproduksi mobil pemadam kebakaran sebanyak 50 persen lebih dari target yang disebutkan yakni 200 unit.

BACA JUGA: Membandingkan Kotak iPhone 12 Pro dan Galaxy S21+

"Walaupun ada pengurangan project yang kita dapat, tapi dari situ kita masih bisa produksi unit lebih dari 50 persen dari target 200 unit setahun," katanya.



Dari total penjualan yang di dapat sepanjang 2020, pesanan mobil pemadam kebakaran paling banyak di Pulau Kalimantan yakni lebih dari 50 unit. Hal ini lantaran Pulau Kalimantan sempat terjadi kebakaran hutan hebat.

Wow, Biaya Bikin 1 Unit Mobil Pemadam Kebakaran Bisa Mencapai Rp30 Miliar!

"Kalau Kalimantan saja itu lebih dari 50 unit pesanannya. Karena Pulau Kalimantan itu luas dan didominasi dengan hutan dan lahan terbuka. Jadi kebutuhan unitnya juga lebih banyak ketimbang pulau lainnya," ujarnya.

BACA JUGA: 7 Faktor yang Membuat Honda Brio Jadi Mobil Terlaris 2020



Dari segi harga, produksi mobil pemadam kebakaran bermacam-macam. Paling murah dibanderol Rp1,5 miliar dan paling mahal bisa mencapai Rp30 miliar.

"Untuk biaya ini bervariasi, tergantung model permintaan karena untuk pemadam ini banyak customnya. Paling murah Rp1,5 miliar dan paling mahal bisa Rp15 miliar. Nah kalau pakai tangga (ladder) bisa Rp30 miliaran," ujarnya.
(dan)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE