Inilah Jenis-Jenis Pemadam Api Ringan untuk Mobil Anda, Apa saja?

Rabu, 09 Juni 2021 - 22:30 WIB
loading...
Inilah Jenis-Jenis Pemadam Api Ringan untuk Mobil Anda, Apa saja?
Ternyata jenis-jenis alat pemadam api atau APAR bisa sangat beragam, mulai dari air, serbuk, dan lainnya. Foto: Ist
JAKARTA - Kebakaran merupakan suatu musibah yang dihindari semua orang, tak terkecuali mobil kesayangan Anda. Mobil bisa juga bisa loh mengalami kebakaran.

Sudah banyak kasus di Indonesia mengenai kebakaran mobil hingga hangus tak tersisa yang diakibatkan oleh kelalaian sang pemilik mobil.

Hal itu sering terjadi akibat konsleting kelistrikan dimana arus kelistrikan pada mobil telah dilakukan modifikasi oleh pemilik mobil dengan penambahan audio, power, subwoofer serta peranti lainnya yang instalasinya tidak dilakukan secara rapi dan aman.

BACA JUGA: Review Xiaomi Redmi Note 10S, Benarkah Ponsel Mid-Range Terbaik di Harga Rp2 Jutaan?

Sehingga pada saat terjadi arus pendek kelistrikan itu akan menyamber pada komponen-komponen yang lain. Kebanyakan sumber tanda-tanda kebakaran berasal dari dalam kap mobil.



Hal ini sudah pernah disinggung oleh pemerintah pada tahun 2020 lalu bahwa peraturan bagi produsen mobil untuk menyertakan alat pemadam api ringan dikendaraan buatan mereka.

Maka dari itu perlu persiapan sikap tanggap yang cepat ketika mobil muncul tanda-tanda kecil yang dapat mengakibatkan kebarakan yaitu dengan menyematkan pemadam sejenis APAR pada mobil Anda.

Berikut ini dilansir dari beberapa sumber, terdapat jenis APAR yang bisa Anda sematkan pada mobil Anda:

1. APAR Bentuk cair (air)
Inilah Jenis-Jenis Pemadam Api Ringan untuk Mobil Anda, Apa saja?

APAR ini sering Anda temukan di berbagai tempat. Sebab jenis alat pemadam ini memiliki harga yang lebih murah dibanding jenis lainya. Namun Apar ini hanya cocok untuk kebakaran tipe A yaitu untuk memadamkan bahan yang padat saja.

2. APAR jenis serbuk kimia
Inilah Jenis-Jenis Pemadam Api Ringan untuk Mobil Anda, Apa saja?

Alat pemadam ini diperuntukan untuk kebakaran kelas C. Kandungan di dalam APAR ini jenis bubuk kimia ini terdiri dari mono amonium dan amonium sulfat. Pemadam ini cocok untuk memadamkan kebakaran yang disebabkan oleh arus listrik.

3. APAR Jenis Busa
Inilah Jenis-Jenis Pemadam Api Ringan untuk Mobil Anda, Apa saja?

Apar ini cocok untuk digunakan untuk kebakaran kelas A dan B. APAR yang satu ini cocok untuk digunakan memadamkan kebakaran karena benda padat bukan logam dan cairan. Sejenis kertas, karet, alkohol, plastik dan lain sebagainya.



4. APAR Jenis Karbon Dioksida
Inilah Jenis-Jenis Pemadam Api Ringan untuk Mobil Anda, Apa saja?

Apar jenis ini bisa digunakan untuk kebakaran kelas A, B, dan C. Pemadam jenis ini sangat cocok dan banyak digunakan untuk mobil pribadi. Peratalan keselamatan ini bisa memadamkan kebakaran karena kelistrikan

BACA JUGA: Harga, Spesifikasi, dan Alasan Beli Samsung Galaxy M62

Lalu Bagaimana jika terjadi kondisi darurat pada kendaraan Anda tanpa APAR? Pertolongan pertama pada saat kendaraan Anda muncul tanda kebakaran. Anda bisa segera turun dan memadamkan api dengan cara memakai kain microfiber atau baju yang dibasahi dengan air, lalu pukul-pukul atau bisa diletakan pada sumber api muncul.

Hal itu berguna untuk menghalangi apai supaya tidak merembet dan semakin besar. Lalu bisa juga meminta tolong kepada orang sekitar untuk membantu Anda memadamkan mobil yang terbakar.*
(dan)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE