DP 0% untuk Kredit Mobil Baru, Ini Tanggapan Daihatsu

Jum'at, 19 Februari 2021 - 19:02 WIB
loading...
DP 0% untuk Kredit Mobil Baru, Ini Tanggapan Daihatsu
salah satu varian Daihatsu. FOTO/ DOK SINDOnews
JAKARTA - Demi menggenjot penjualan mobil domestik serta meningkatkan perekonomian nasional, pemerintah memberikan sejumlah insentif bagi konsumen mobil baru, di antaranya relaksasi PPnBM dan DP 0%.

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani, mengatakan kebijakan diskon pajak ini akan menggunakan PPnBM DTP (ditanggung pemerintah) melalui penerbitan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) dan ditargetkan akan mulai diberlakukan pada Maret 2021.

Baca Juga: Parahnya Cuaca Ekstrem di AS, Bahkan Satelit Cuaca Dibikin Bingung)

"Pemberian diskon pajak kendaraan bermotor ini didukung kebijakan Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan untuk mendorong kredit pembelian kendaraan bermotor, yaitu melalui pengaturan mengenai uang muka (DP) 0% dan penurunan ATMR Kredit (Aktiva Tertimbang Menurut Risiko)," kata Ani, dalam siaran pers, Sabtu (13/2/2021).



Menyambut kebijakan DP 0%, Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), menuturkan pihaknya sebagai ATPM (agen tunggal pemegang merek) mengaku sangat senang jika banyak orang yang bisa membeli kendaraan melalui paket menarik seperti ini.

Namun, Amelia menegaskan, kebijakan pemberian paket DP 0% merupakan kewenangan leasing. Selain itu, tidak serta merta semua pembeli mendapat fasilitas DP 0% .

"Mereka (leasing) tidak ingin yang beli (mobil) tidak bisa bayar (cicilan)," kata Amelia, saat konferensi pers secara virtual, Jumat (19/2/2021).



BACA JUGA - Menukik, Autothrottle Rusak atau Pilihan Kapten Afwan Hindari Tabrakan dengan Pesawat Lain

Amelia juga menjelaskan, kebijakan ini tentu berpengaruh terhadap penjualan perusahaan. Sebab, sebanyak 80% penjualan Daihatsu berasal dari kredit.

"Daihatsu menyambut baik segala kebijakan pemerintah, kami harap kebijakan ini bisa segera diterapkan oleh perusahan leasing," tandas Amelia.
(wbs)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE