Presiden Amerika Didesak Tentukan Tanggal Terakhir Buat Mobil Konvensional

Selasa, 23 Maret 2021 - 13:00 WIB
loading...
Presiden Amerika Didesak Tentukan Tanggal Terakhir Buat Mobil Konvensional
Presiden Amerika Serikat Joe Biden sangat pro mobil listrik tapi dia merupakan salah satu kepala negara yang belum bersikap tegas pada mobil konvensional. Foto/IST
AMERIKA SERIKAT - Presiden Amerika Serikat Joe Biden didesak agar segera menentukan tanggal terakhir penjualan mobil konvensional di wilayah Amerika Serikat. Desakan itu datang dari dua senator Partai Demokrat di California yakni Dianne Feinstein dan Alex Padilla.

Baca juga : Menengok Mewahnya Penampungan Bawah Tanah Antikiamat Buatan Vivos

Dalam suratnya itu Dianne Feinstein dan Alex Padilla meminta Presiden Joe Biden untuk mengingkuti langkah Wali Kota California, Gavin Newsom telah mengeluarkan instruksi agar tidak ada lagi penjualan mobil konvensional di wilayah California pada 2035.

Dianne Feinstein dan Alex Padilla berharap Joe Biden juga melakukan langkah yang sama yakni mengeluarkan batas waktu bagi keberadaan mobil konvensional di Amerika Serikat. Mereka mengingatkan bahwa dalam kampanye kandidat presiden Amerika Serikat, Joe Biden kerap menunjukkan keberpihakan pada mobil listrik.



Bahkan saat pertama kali menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat ke-46, Joe Biden langsung mengeluarkan instruksi presiden agar seluruh armada yang digunakan oleh negara diganti oleh mobil listrik. Total sebanyak 645.000 kendaraan akan diganti dengan mobil listrik.

Baca juga : Gara-gara Mobil Listrik, Nasib Mobil Porsche Termurah Terkatung-katung


Sayangnya hal itu belum cukup karena kedua senator itu berharap Joe Biden bisa mengikuti langkah negara lain seperti Norwegia, Jepang, Inggris, Jerman dan Kanada yang akan berhenti menjual mobil listrik pada 2030 dan 2035.

"Kami percaya batasan yang dikeluarkan secara nasional, harus lebih dulu ditetapkan sebelum petunjuk teknis," terang Alex Padilla yang berada dalam satu partai dengan Joe Biden, Partai Demokrat.

Alex Padilla menambahkan kebijakan pemerintah kota tidak akan berjalan efektif jika tidak didukung oleh pemerintah pusat. Contohnya California perlu mendapatkan dukungan hukum yang kuat agar bisa melarang mobil konvensional berada di wilayahnya di masa depan. "California dan kota-kota lainnya perlu kehadiran dan dukungan dari pemerintah pusat," tegasnya.
(wsb)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE