Tips Mengecek Mobil Secara Mandiri Sebelum Digunakan Sehari-Hari

Jum'at, 09 April 2021 - 12:00 WIB
loading...
Tips Mengecek Mobil Secara Mandiri Sebelum Digunakan Sehari-Hari
Tak jarang pengguna melewatkan pengecekan ringan kendaraan sendiri secara berkala sebelum digunakan. Foto/Ist.
A A A
JAKARTA - Di tengah pandemi Covid-19 yang masih mewabah di Indonesia, mobil pribadi masih tetap menjadi pilihan utama dan menjadi salah satu moda transportasi paling aman bagi sebagian besar orang.

Tentunya pemilik mobil menginginkan kendaraannya tetap selalu dalam kondisi optimal, agar selalu bisa digunakan dalam kapanpun dan ke manapun.



Meski begitu, tak jarang pengguna melewatkan pengecekan ringan kendaraan sendiri secara berkala sebelum digunakan. Misalnya, pengecekan oli mesin, oli rem, oli power steering, air radiator, air washer, dan air aki pada mobil.

Berangkat dari hal tersebut, PT Astra Daihatsu Motor (ADM), memberikan tips mudah yang bisa dilakukan oleh siapa saja untuk mengecek fluida pada mobil, agar berkendara jadi lebih aman, nyaman, dan menyenangkan.

Pertama-tama, pastikan kendaraan diparkirkan di lokasi yang aman dan di berkontur tanah atau lantai yang rata. Lalu, buka kap mesin depan kendaraan dengan menarik knob pembebas kunci kap mesin.

Selanjutnya lakukan pengecekan fluida pada ruang mesin yaitu:

Oli mesin

Hidupkan mesin beberapa saat hingga mencapai temperatur kerja, matikan mesin, tunggu beberapa saat agar oli mengalir kembali ke bagian bawah mesin. Ambil kain lap bersih, tarik dipstick oli mesin bersihkan dengan kain, masukan kembali dipstick sepenuhnya dan tarik, cek volume oli.

Ada 3 level oli mesin, yakni, rendah, normal, dan berlebih. Pastikan oli mesin pada posisi normal. Apabila rendah, tambahkan oli mesin jenis yang sama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2135 seconds (0.1#10.140)