Mulai Musim Hujan, Waspada Bahaya Hydroplaning pada Ban Kendaraan Anda

Rabu, 09 Juni 2021 - 05:09 WIB
loading...
A A A
Jika Anda terpaksa menerabas genangan air dan Anda mendengar suara gesekan ban dan kolong fender mobil Anda segera lepas gas untuk memperlambat laju kendaraan.

Ketika sebuah mobil hydroplanes hal yang paling penting untuk diingat adalah jangan panik. Pertama, jangan mengerem atau berakselerasi secara tiba-tiba. Karena hydroplaning adalah hilangnya traksi pada ban depan.

Pengereman mendadak bisa memperlambat ban depan tetapi mengunci ban belakang yang dapat menyebabkan spin out.

Akselerasi mendadak juga dapat menarik kendaraan lurus ke depan yang dapat berbahaya jika kendaraan diarahkan ke tepi jalan raya.

2. Penting untuk tidak mengaktifkan cruise control dalam hujan lebat

Hal ini menjadi penting karena terkait masalah akselerasi yang tiba-tiba. Kendaraan yang sudah terdapat cruise control akan mendeteksi terjadinya penumpukan air di ban serta kolong fender mobil sebagai perlambatan dan secara otomatis sistem akan memerintah untuk meminta lebih banyak tenaga.



Hal ini dapat menyebabkan mobil berpindah ke gigi yang lebih rendah dan membuat lebih banyak air di bawah ban. Ketika berbicara tentang kecepatan di jalan basah kurangi kecepatan Anda dan berkendara secara hati-hati dan meminimalisir berbelok supaya ban tidak slip.
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1344 seconds (0.1#10.140)