7 Penyebab Setir Berat dan Cara Mengatasinya

Minggu, 13 Juni 2021 - 21:05 WIB
loading...
A A A
4. Long tie rod rusak
Long tie rod atau inner tie rod adalah suatu batang besi yang berguna untuk menghubungkan antara output dari rack steer ke steering knuckle. Bagian ujung long tie rod terdapat sebuah ball joint yang dipakai sebagai engsel, sehingga bisa menggerakan steering knuckle.

Biasanya permasalahannya yang terjadi akan menyerang bagian ball joint yang sudah kocak. Jika itu terjadi maka timbulnya bunyi aneh pada saat dibelokan dan timbul gejala stir getar.

Cara mengatasinya dengan cara lakukan penggantian inner tie rod yang bagian kanan atau kiri dengan yang baru.

5. Steering rack bermasalah
Steering rack dalam sistem power steering hidrolik memang bisa juga terjadi keruasakan.

Pada dasarnya, dalam steering rack terdapat berbagai komponen seperti rack gear, racek seal dan pinion gear. Dalam sebuah rack gear ada 3 seal yaitu center seal, right seal dan left seal.

Right dan left seal akan bergerak mengikuti pergerakan dari rack gear, sementara center seal tidak akan bergerak atau diam. Power steering akan dihubungkan di antara berbagai seal.

Apabila seal pada salah satu komponen nya mengalami kebocoran, maka otomatis tekanan pada bagian hidrolik dari pompa power steering akan drop dan hasilnya setir mobil akan menjadi berat sebelah.

Cara mengatasinya dengan cara mengganti satu set steering rack. Pasalnya jarang bengkel yang mau untuk servis power steering dikarenakan dengan komponennya yang kompleks dan sulitnya menemukan suku cadang eceran dari steering rack tersebut.

6. Tekanan power steering lemah
Pompa power steering terletak di dalam kap mesin pompa Pompa tersebut pastinya memiliki umur dan akan mengalami kerusakan yang menyebabkan tekanan output menjadi berkurang atau turun, sehingga setir akan terasa sangat berat untuk diputar.

Jika itu terjadi pada kendaraan maka Anda harus mengganti pompa power steering dengan yang baru. Ada beberapa bengkel menjual pompa power steering dalam keadaan bekas. Namun hal itu tidak disarankan karena tidak awet masa pakainya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1662 seconds (0.1#10.140)