Awas Overheat, Ini Penyebab Temperatur Mobil Naik Secara Tiba-Tiba

Kamis, 17 Juni 2021 - 21:04 WIB
loading...
A A A


3. Motor kipas lemah atau mati

Masalah ini umumnya sering terjadi karena motor kipas melemah. Sehingga yang terjadi kipas tidak bisa bekerja maksimal dalam membuang hawa panas pada mesin mobil .

Jika motor kipas mati maka kipas tidak bekerja dan mesin tidak mendapat supplai pendinginan yang menyebabkan suhu mobil menjadi naik bahkan bisa memicu overheat.

4. Salah pakai air radiator

Pemilihan air radiator akan sangat memengaruhi kondisi komponen radiator secara keseluruhan. Oleh sebab itu, pemilihan air radiator pun tidak bisa pakai sembarangan.

Gunakan air khusus radiator berupa air coolant yang diformulasikan untuk menjaga ketahanan suhu mesin. Banyak orang yang menyepelekan hal ini dengan menggunakan air biasa.

Sebaiknya hindari menggunakan air biasa karena air mengandung logam dan mineral yang bisa memicu karat pada selang dan kisi-kisi radiator dan nantinya bisa menyebabkan air tersumbat dan tidak bisa mendinginkan suhu mesin mobil secara menyeluruh.

5. Oli yang kotor atau jelek

Penyebab temperatur mobil naik juga bisa berasal dari oli mesin . Sedikit orang yang sadar bahwa fungsi oli tidak hanya sebagai pelumas mesin, tapi juga pendingin dan penyekat di dalam ruang mesin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2566 seconds (0.1#10.140)