Awas Overheat, Ini Penyebab Temperatur Mobil Naik Secara Tiba-Tiba

Kamis, 17 Juni 2021 - 21:04 WIB
loading...
Awas Overheat, Ini Penyebab Temperatur Mobil Naik Secara Tiba-Tiba
Waspada jika temperatur mesin naik secara tiba-tiba, bahkan sampai menyala melewati batas normal. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Merupakan hal yang wajar jika mesin yang bekerja tentunya akan mengeluarkan hawa panas. Namun jika Anda melihat indikator pada speedomater terdapat temperatur mesin yang naik secara tiba-tiba bahkan sampai menyala melewati batas normal, itu akan menimbulkan masalah yaitu mesin menjadi overheat.

Berbeloklah ke pinggir jalan dan matikan mesin untuk menurunkan suhu mesin. Selama Anda menunggu suhu mesin kembali normal lakukan pengecekan dan kenali penyebabnya secara menyeluruh.



Berikut ini penyebab tempratur mobil naik secara tiba-tiba:

1. Radiator Bocor

Radiator adalah komponen penting yang berguna untuk menurunkan dan menstabilkan suhu mesin. Jika didapati suhu mobil tiba-tiba naik turun secara drastis, maka disinyalir radiator mengalami kebocoran.

Jika sudah bocor maka sistem pendinginan tidak bisa bekerja optimal dalam menurunkan suhu mesin . Penyebab radiator bocor biasanya terjadi karena korosi pada kisi-kisi radiatornya.

Kalau sudah mengalami korosi, maka logam radiator akan semakin terkikis dan menyebabkan kebocoran. Alhasil, cairan pendingin di dalam radiator akan terbuang percuma dan tidak melakukan fungsinya untuk mendinginkan mesin.

2. Fan belt tak bekerja maksimal

Fan belt adalah tali kipas yang punya peran penting menjaga suhu dalam mesin kendaraan. Bila fan belt tidak bekerja optimal maka suhu panas mobil semakin tinggi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2287 seconds (0.1#10.140)