Tahapan Mencuci Mesin Mobil yang Benar

Rabu, 23 Juni 2021 - 17:01 WIB
loading...
Tahapan Mencuci Mesin Mobil yang Benar
ilustrasi perawatan mobil. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mesin mobil merupakan komponen terpenting bagi di kendaraaan. Untuk itu kebersihan ruang mesin mobil harus terus dijaga karena mampu menunjang performa kendaraan.

Sebab, kerap kali bagian ini menjadi sarang debu, kerak-kerak sisa oil dan terdapat karat di dalamnya.



Selain untuk menjaga performa, mencuci mesin mobil juga dapat memperpanjang usia pakainya. Melihat bagaimana banyaknya komponen mekanik dan kelistrikan di dalam ruang mesin mobil, jangan sampai asal-asalan memilih layanan ini.

Mengutip laman Auto2000, Rabu (23/6/2021), berikut ini tahapan cuci mesin mobil yang benar.

1. Kondisi mesin hangat

Untuk langkah awal, Anda dapat menjaga kondisi mesin tetap hangat. Agar menghasilkan suhu paling tepat, diamkan mobil selama 5 hingga 10 menit setelah digunakan. Jika mesin mobil benar-benar dingin, coba nyalakan sebentar karena ada tujuan dari hal ini.

Mesin yang hangat membuat air yang membilas mesin lebih cepat menguap. Itulah mengapa harus memastikan langkah ini berjalan dengan sesuai.

2. Lindungi komponen kelistrikan dan sensor elektronik

Mesin mobil yang dalam keadaan mati tetap perlu dilindungi ketika proses pencucian. Khususnya komponen kelistrikan dan sensor elektronik.

Untuk mobil keluaran baru, sebenarnya sudah ada perlindungan khusus untuk komponen anti air. Namun jika merasa kurang yakin dapat dilapisi setiap komponen tersebut dengan plastik atau aluminium foil.

3. Peralatan yang harus dipersiapkan

Sekarang waktunya menyiapkan beberapa peralatan yang wajib digunakan. Beberapa peralatan tersebut adalah selang untuk cuci mobil, ember, sikat, lap kain biasa, lap microfiber, cairan pembersih mesin mobil/engine degreaser, serta sabun cuci mobil.

Persiapkan seluruh alat itu agar proses detailing lebih mudah dan cepat. Jika tersedia, Anda dapat menggunakan cairan pembersih khusus mesin mobil karena formulanya sangat cocok untuk komponen dalam dapur pacu.

4. Bersihkan noda

Proses pembersihan dapat dimulai dengan melihat noda-noda membandel di bagian permukaan mesin dan bawah kap.

Bersihkan sisa oli, kerak, dan debu yang menempel di sana. Kotoran yang sulit luntur dapat dibersihkan dengan engine degreaser. Jika sudah dibersihkan, diamkan selama beberapa menit sebelum membilasnya dengan air bertekanan rendah.

5. Bilas dan keringkan

Selanjutnya, bilas dan keringkan seluruh bagian yang sudah dicuci. Gunakan lap kain bersih agar mengeringkan sisa air pada mesin.

Jika masih ada sisa air yang tertinggal, maka dapat menimbulkan noda kerak dan water spot yang susah untuk dibersihkan. Lepaskan juga plastik atau aluminium foil yang digunakan untuk melindungi beberapa komponen kelistrikan dan sensor elektronik.

6. Panaskan mesin

Biarkan kap mesin mobil tetap terbuka agar memberikan udara segar pada dapur pacu . Setelah itu, panaskan mobil agar dapat mengeringkan sisa partikel air yang masih mengendap pada bagian sulit dijangkau. Memanaskan mesin mobil juga berguna untuk memastikan komponen mesin bekerja optimal seperti biasa setelah dilakukan proses pembersihan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2893 seconds (0.1#10.140)