Kenali Macam-Macam Sabuk Pengaman Pada Mobil

Jum'at, 02 Juli 2021 - 18:05 WIB
loading...
Kenali Macam-Macam Sabuk Pengaman Pada Mobil
Sabuk pengaman 6 titik umumnya hanya digunakan di mobil-mobil balap ataupun reli. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Safetybelt atau biasa disebut sabuk pengaman merupakan peranti keselamatan yang sangat vital pada kendaraan bermobil.

Seluruh masyarakat di dunia hendaklah berterima kasih kepada insinyur asal Swedia yang bekerja di Volvo. Dikarenakan ia sang pencetus dan penemu pertama kali sabuk pengaman pada kendaraan mobil.



Sosoknya yang melepaskan hak paten sabuk pengaman sehingga semua produsen mobil dapat menggunakanya sebagai alat keselamatan penting.

Hingga sekarang sabuk pengaman mulai dikembangkan secara serius hingga bermacam-macam jenis sesuai dengan peruntukannya.

Berikut ini dilansir dari beberapa sumber, mengenai macam-macam sabuk pengaman pada mobil.

1. Lap belt atau Sabuk Pangkuan

Sabuk pangkuan adalah jenis sabuk pengaman paling tua. Mekanisme penggunaanya dengan tali yang dapat disesuaikan yang hanya melewati pinggang. Namun, desain sabuk pangkuan ini tidak bisa melindungi badan, bahu, kepala, atau leher Anda selama tabrakan. Sabuk pangkuan jarang ditemukan di mobil baru, meskipun cuma ada sabuk pangkuan di kursi belakang tengah saja.

2. Ikat Pinggang atau Sabuk Bahu

Mekanisme penggunaanya sabuk bahu ini terdapat tali yang dapat disesuaikan yang hanya melewati bahu penumpang. Sabuk ini cukup mampu untuk menahan diri selama kecelakaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2588 seconds (0.1#10.140)