Mengenal Fungsi Subwoofer pada Instalasi Audio Mobil

Sabtu, 03 Juli 2021 - 11:05 WIB
loading...
Mengenal Fungsi Subwoofer pada Instalasi Audio Mobil
Komponen audio ini dapat membuat musik atau file musik lain terdengar lebih jelas saat diputar melalui head unit mobil. Foto/dok
JAKARTA - Ada banyak keuntungan subwoofer pada mobil . Komponen audio ini dapat membuat musik atau file musik lain terdengar lebih jelas saat diputar melalui head unit mobil.

Subwoofer merupakan salah satu bagian dari rangkaian instalasi audio mobil. Istilah “sub” sendiri mengacu pada kegunaan subwoofer yang memang lebih spesifik dan detail dibandingkan dengan woofer atau bahkan speaker biasa.

BACA: Tips Merawat Mobil Diesel Biar Lebih Awet dan Bandel

Sementara, fungsi subwoofer mampu menghasilkan bunyi dengan frekuensi yang lebih rendah dari speaker biasa, yaitu nada-nada di bawah bass.



Fungsi utama dari subwoofer pada instalasi audio mobil adalah untuk menghasilkan bunyi dengan frekuensi nada yang lebih rendah, yaitu bunyi-bunyian yang ada pada kisaran 10-200 Hertz (bass solid).

Dengan adanya subwoofer pada instalasi audio mobil, suara yang dihasilkan pun akan jauh lebih jelas dan detail.

Sebab, subwoofer melengkapi musikalitas nada yang dihasilkan oleh komponen audio lain seperti woofer, mid-range (frekuensi nada menengah), dan juga tweeter (frekuensi nada tinggi).

Lalu apa saja keuntungan menggunakan subwooofer? dikutip dari laman Auto2000, Jumat (2/7/2021) berikut ini keuntungan menambahkan subwoofer pada instalasi audio mobil.

BACA JUGA: Ngeri, Gelombang Panas di Amerika Serikat Lelehkan Kabel dan Aspal

1. Memperluas respon bass



Menambahkan fungsi subwoofer pada audio mobil akan menghasilkan respon bass yang lebih baik. Subwoofer mampu menangkap nada-nada yang lebih rendah, bahkan mencapai frekuensi 10 Hertz.

Hasilnya, suara yang dihasilkan oleh instalasi audio pun dilengkapi dengan bass yang lebih dalam dan jernih.

2. Distorsi audio berkurang

Keuntungan lain yang ditawarkan subwoofer adalah pengurangan distorsi. Jika hanya mengandalkan speaker untuk memutar file audio dengan frekuensi nada rendah, maka diafragma speaker akan menghasilkan distorsi.

Hal tersebut tidak akan terjadi saat menggunakan subwoofer. Sebab, subwoofer memang dirancang untuk menghasilkan bunyi dengan frekuensi nada yang lebih rendah (bass solid).

BACA JUGA: Cara Menonaktifkan Akun Instagram dengan Cepat dan Mudah

3. Spektrum frekuensi penuh

Pemasangan subwoofer pada instalasi audio mobil akan membantu speaker mendapatkan spektrum frekuensi terbaik. Subwoofer dapat membuat amplifier frekuensi pun jadi lebih rendah dan manajemen bass pada audio mobil lebih baik. Hasilnya, suara yang dihasilkan oleh instalasi audio mobil Anda pun akan terdengar lebih halus dan jernih.
(ysw)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE