Land Rover, Mobil Kotak untuk Pertanian di Inggris yang Melegenda

Sabtu, 03 Juli 2021 - 17:05 WIB
loading...
Land Rover, Mobil Kotak untuk Pertanian di Inggris yang Melegenda
Mengusung desain kotak, kehadiran Land Rover bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pertanian rakyat Inggris. Foto/dok
A A A
LONDON - Mengusung desain kotak, kehadiran Land Rover bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pertanian rakyat Inggris. Pada 1947, konsep pertama mobil ini rampung dibuat.

Adalah Maurice Wilks, adik dari Spencer Wilks selaku Managing Director dari Rover Company Limited, yang menginisiasi pembuatan Land Rover.

BACA: Land Rover Bangkitkan Kembalikan Pesona Land Rover Defender Camel Trophy

Pada 1948, mobil pertama Land Rover yang dinamakan Seri 1, resmi diumumkan ke publik, lewat pameran otomotif bertajuk Amsterdam Motor Show.

Mobil itu hadir dengan mesin P3 berkapasitas 1.600 cc dengan tenaga 50 hp, serta dikombinasikan dengan transmisi manual 4 percepatan.

Kehadiran Seri 1 direspon positif oleh pasar. Model ini cukup laris dan memiliki banyak peminat.

Pada tahun 1950, perusahaan melakukan perombakan. Demi meningkat kepuasan pelanggannya, mesin di mobil Land Rover ditingkatkan menjadi 2.000 cc.

Di tahun yang sama, merek mobil Land Rover resmi berubah status. Awalnya, mobil ini dibuat sebagai kendaraan komersial yang bebas pajak kendaraan.

BACA JUGA: Ngeri, Gelombang Panas di Amerika Serikat Lelehkan Kabel dan Aspal

Kemudian setelah melalui persidangan, Land Rover akhirnya diputuskan sebagai kendaran MPV, yang dapat digunakan sebagai kendaraan penumpang maupun kendaraan komersial.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1077 seconds (10.177#12.26)