Mengetahui Fungsi dan Tips Memilih Degreaser untuk Mobil

Rabu, 07 Juli 2021 - 21:05 WIB
loading...
A A A
Selain itu, degreaser juga bisa digunakan untuk menghambat terjadinya korosi. Kandungan sodium karbonat di dalamnya mampu memecah tumpukan kotoran yang menjadi pemicu korosi.

Dengan kandungan tersebut, degreaser cocok digunakan pada komponen yang berisiko terkena korosi seperti sistem pengereman mobil.

Tips memilih degreaser untuk mobil

Sekarang ini, ada banyak sekali jenis degreaser yang beredar di pasaran. Namun, tentu saja tidak semuanya cocok digunakan untuk mesin mobil. Berikut adalah tips memilih degreaser untuk mesin mobil:

1. Tingkat flammability

Kebanyakan fungsi degreaser mengandung alkohol dan pelarut hidrokarbon yang merupakan bahan mudah terbakar. Untuk mencegah hal tidak inginkan, bisa memilih degreaser dengan tingkat flammability rendah.

Namun, jika kesulitan menemukan degreaser yang tidak menggunakan alkohol, pastikan untuk membersihkan mesin dalam kondisi dingin.

2. Kesesuaian material

Beberapa jenis degreaser akan menimbulkan reaksi tertentu saat digunakan pada material plastik atau karet. Degreaser yang tidak cocok bisa menggores atau bahkan melunakkan plastik.

Hal ini tentu berbahaya mengingat beberapa komponen pada ruang mesin mobil memiliki segel yang terbuat dari material karet.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1223 seconds (0.1#10.140)