Jangan Disepelekan, Begini Fungsi Tutup Pentil Ban Kendaraan Anda

Minggu, 15 Agustus 2021 - 23:01 WIB
loading...
Jangan Disepelekan, Begini Fungsi Tutup Pentil Ban Kendaraan Anda
Foto/dok
A A A
JAKARTA - Tutup pentil ban mobil dan motor sering dianggap sepele oleh pemilik kendaraan. Pasalnya barang sekecil itu, jika hilang dianggap tidak berpengaruh segnifikan pada ban mobil Anda.

Padahal perlu Anda ketahui, komponen sekecil ini mempunyai banyak manfaat kegunaan. Bahkan polisi akan mempermasalahkan kelengkapan berkendara Anda bila tutup pentil ban saja bisa hilang atau tidak digunakan.

Dirangkum dari halaman resmi Suzuki, Minggu (15/8/2021), berikut manfaat di balik tutup pentil ban motor dan mobil:

BACA: Ciri-ciri Ban Tubelles yang Aman dan Enak Dipakai Harian

1. Melindungi pentil dari kotoran

Dalam pentil motor terdapat seal karet yang harus dijaga kebersihan dan kondisinya. Makanya dipasang tutup pentil ban biar terhindar dari kotoran dan benda asing yang masuk. Sebab, peranan seal karet sangat penting untuk menahan angin dan udara dalam ban supaya tidak keluar dan kempis.

2. Mencegah ban pecah

Komponen kecil ini tidak hanya menjaga tekanan angin dalam ban saja, akan tetapi juga mencegah potensi terjadinya pecah ban. Hal itu disebabkan karena ketika melaju di jalanan, maka ban perlu tekanan angin yang ideal.

Jika pentil ban tidak ada maka tekanan udara pada ban tidak stabil dan berpotensi menjadi berkurang. Maka dari itu gunakan pentil untuk selalu melindungi angin dan menghindari pecah ban.

3. Menjaga tekanan angin tetap optimal
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2700 seconds (10.177#12.26)