Jangan Sembarangan, Begini Cara Mencuci Mesin Mobil dengan Aman

Sabtu, 21 Agustus 2021 - 16:05 WIB
loading...
Jangan Sembarangan, Begini Cara Mencuci Mesin Mobil dengan Aman
Sektor mesin yang kotor bukan hanya mengganggu pandangan saja. Akan tetapi dapat menyebabkan terganggunya performa kerja mesin menjadi tidak optimal dan kelancaran arus kelistrikan pada komponen mobil. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Mencuci apa yang terdapat di balik kap mesin mobil memang jarang dilakukan oleh segelintir pemilik kendaraan. Pasalnya, posisi yang tertutup dan jarang di ekspos serta menyita waktu membuat sebagian pemilik enggan dan cenderung malas untuk membersihkan area mesin.

Padahal melakukan pembersihan pada area dapur pacu perlu dilakukan secara berkala, loh. Sektor mesin yang kotor bukan hanya mengganggu pandangan saja. Akan tetapi dapat menyebabkan terganggunya performa kerja mesin menjadi tidak optimal dan kelancaran arus kelistrikan pada komponen mobil.

BACA JUGA: Mengapa Prosesor Dimensity 700 Banyak Digunakan HP 5G Murah?

Maka dari itu, lakukan pembersihan secara berkala.Namun jangan sembarangan dalam membersihkan area mesin mobil. Pembersihan yang ngasal malah dapat memicu potensi kerusakan mesin dan kelistrikan seperti konslet dll. Berikut ini dilansir dari laman resmi Auto 2000 (21/08), mengenai cara mencuci mesi mobil dengan aman.

1. Posisi mobil

Sebelum mencuci bagian mesin, mulailah untuk mengatur posisi mobil dan jaraknya. Hindari mencuci mobil dalam keadaan mesin dingin atau dalam keadaan terik matahari yang menyengat. Hal itu guna untuk mendapatkan hasil pembersihanan yang baik secara keseluruhan.

2. Lindungi komponen yang berpotensi rusak karena air

Setelah mengatur posisi mobil dengan benar, sebelum memulai lindungi dengan plastik yang diikat dengan rapat pada sistem mesin dan elektrikal yang berpotensi untuk terjadi rusak atau konslet akibat air. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir resiko mesin yang rusak akibat tersiram air yang nantinya malah akan mengeluarkan kocek lebih untuk memhidupkan mesin yang terkena air saat pembersihan.

3. Lengkapi peralatan cuci

Sesudah memastikan bahwa semua aman barulah Anda mempersiapkan peralatan cuci Anda seperti shampoo khusus seperti engine degrisser, sikat, chamoiis. Dan juga selang air untuk menyemburkan air pada saat ingin melakukan pembersihan
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2335 seconds (11.252#12.26)