Krisis Semikonduktor, Saudara Kandung Toyota Land Cruiser 300 Batal Meluncur Tahun Ini

Selasa, 31 Agustus 2021 - 16:00 WIB
loading...
Krisis Semikonduktor, Saudara Kandung Toyota Land Cruiser 300 Batal Meluncur Tahun Ini
Gambar rekayasa Lexus LX terbaru sudah beredar banyak di dunia maya meski peluncurannya tahun ini terpaksa ditunda. Foto/Sina.com
A A A
JEPANG - Krisis semikonduktor yang terjadi pada industri otomotif global memaksa Toyota menunda peluncuruan Lexus LX. Produksi saudara kandung Toyota Land Cruiser 300, yang diluncurkan pada 1 Agustus lalu,terpaksa dihentikan karena Toyota belum mendapatkan suplai semikonduktor yang dibutuhkan Lexus LX.

Diketahui Lexus LX600 seharusnya segera diluncurkan setelah Toyota Land Cruiser 300 resmi dikenalkan. Hal ini biasa dilakukan karena Lexus LX dan Toyota Land Cruiser 300 merupakan dua mobil yang saling berbagi platforrm.

Bedanya Lexus LX menyasar segmen niche market yakni konsumen luks dan premium. Sebaliknya Toyota Land Cruiser 300 lebih ditargetkan kepada masyarakat umum.



Disebutkan Carsguide, peluncuruan Lexus LX harusnya dilakukan November nanti. Hanya saja krisis semikonduktor yang dialami Toyota membuat mereka mengurangi kegiatan produksi. Tidak hanya Lexus LX600 yang jadi korban, saudara kandungnya, Toyota Land Cruiser 300 juga kena imbas.

Krisis Semikonduktor, Saudara Kandung Toyota Land Cruiser 300 Batal Meluncur Tahun Ini


Krisis tersebut membuat produksi Toyota Land Cruiser 300 dikurangi. Di saat yang bersamaan jumlah pemesanan Toyota Land Cruiser 300 justru terus bertambah. Toyota menurut Carsguide memang sudah mewanti-wanti kepada konsumen agar tidak terlalu berharap Toyota Land Cruiser 300 dapat dikirim dengan cepat.

Fokus pada Toyota Land Cruiser 300 itulah yang membuat Lexus LX harus puas tidak tampil dulu.



Diberitakan sebelumnya Lexus LX baru akan akan hadir dalam tiga varian yakni entry level Lexus LX600, Lexus LX600 F Sport dan yang paling mahal Lexus LX600 VIP.

Selain tampilan yang lebih mahal, Lexus LX juga akan memiliki perbedaan yang sangat besar di sektor dapur pacu. Pasalnya untuk model terbaru ini Lexus LX justru akan tetap mempertahankan mesin V8. Itu kontras dengan Toyota Land Cruiser 300 yang justru mencopot mesin V8 yang telah lama digunakan dengan mesin baru V6.

Perbedaan mesin ini dilakukan karena Toyota akan menunjukkan garis batas yang jelas antara Toyota Land Cruiser 300 dengan Lexus LX terbaru. Kemungkinan mesin yang akan digunakan oleh Lexus LX, menurut Car Advice adalah mesin 4,0 liter turbo ganda V8. Mesin itu sebenarnya adalah mesin yang akan digendong oleh mobil Lexus baru lainnya Lexus LS F sedan Lexus LC F coupe.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2072 seconds (0.1#10.140)