5 Perbedaan Mobil dengan Mesin Bensin dan Mesin Diesel

Rabu, 01 September 2021 - 18:01 WIB
loading...
A A A
Dua jenis kendaraan ini mampu berjalan dengan beban berat. Belum lagi kemampuannya dalam menempuh perjalanan jauh dengan berbagai medan yang tak mudah dilalui.

Meski begitu, bukan berarti mobil bermesin bensin tidak ada keunggulan sama sekali. Masing-masing pasti punya kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Terkait performa, mesin bensin cenderung lebih unggul dalam hal akselerasi dan responsif. Berdasarkan keunggulan performa tersebut, konsumen bisa memilih mesin kendaraan sesuai kebutuhan.

3. Kebutuhan bahan bakar

Jumlah kebutuhan bahan bakar antara mesin diesel dengan bensin pun berbeda. Mesin diesel terkenal dengan penggunaan bahan bakar yang sangat efisien dan awet. Hanya sedikit saja solar yang dibutuhkan oleh mesin untuk menghasilkan tenaga maksimal.

Sebaliknya, mobil mesin bensin butuh lebih banyak bahan bakar untuk jarak jauh. Karenanya kalau sering menempuh perjalanan jauh setiap harinya, lebih baik pilih mesin dengan kebutuhan bahan bakar minim.

4. Perawatan mesin

Setiap keunggulan pasti dibarengi dengan keterbatasan, begitu pun dengan mesin diesel dan bensin. Perbedaan mesin bensin dan mesin diesel yang berikutnya adalah hal perawatan.

Kalau tadi mesin diesel unggul karena kebutuhan bahan bakar yang lebih efisien daripada mesin bensin, maka dalam hal perawatan mesin bensin pemenangnya.

Meski mesin diesel sangat kuat dan tangguh, hal ini diikuti dengan perawatan yang tidak bisa sembarangan begitu saja.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2330 seconds (0.1#10.140)