Cara Membersihkan Ruang Mesin Mobil Agar Performa Tetap Terjaga

Jum'at, 10 September 2021 - 20:05 WIB
loading...
A A A
Semua perlu diperhatikan, mengingat mesin memiliki karakteristik berbeda di tiap bagiannya. Selain itu, juga perlu menyiapkan beberapa peralatan dan perlengkapan seperti air bersih, selang, ember, sikat, kuas, spons, sabun khusus mobil.

3. Perhatikan Bagian yang Mempunyai Arus Listrik

Pencucian dengan air mempunyai efek kurang baik terhadap bagian yang mempunyai arus listrik, seperti aki. Caranya bisa bungkus bagian tersebut dengan bahan kedap air atau jika ingin lebih aman copot aki.

Hal ini mencegah korsleting pada mesin dan membuat anda aman dari ancaman tersetrum listik

4. Bersihkan Debu atau Kotoran Ringan

Setelah mesin mobil dipastikan dingin, bisa mulai proses pembersihan mesin. Pada tahap ini bersihkan debu-debu atau kotoran ringan yang menempel pada permukaan mesin.

Mulailah dengan “menyapu” permukaan mesin dengan kuas. Dari yang permukaannya lebar hingga ke sela-sela. Pada tahap ini tak perlu menggunakan air.

5. Bersihkan Bagian Bawah Kap Mesin

Sebelum membersihkan komponen mesin, bisa melakukan pembersihan bagian bawah kap mesin. Bagian ini mendapat giliran pertama karena letaknya yang berada di atas. Jika bagian ini dikerjakan belakangan, besar kemungkinan kotorannya akan jatuh ke atas permukaan mesin yang sudah dibersihkan lebih dulu.

Untuk membersihkan bagian ini, bisa melakukannya dengan memanfaatkan cairan pembersih serbaguna. Bersihkan kotoran-kotoran yang menempel menggunakan sikat atau kuas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2674 seconds (0.1#10.140)