Maksimalkan Sistem Pengereman ABS, Rajin Cek Komponen Ini

Jum'at, 17 September 2021 - 14:08 WIB
loading...
Maksimalkan Sistem Pengereman ABS, Rajin Cek Komponen Ini
Anti-lock Braking System (ABS) merupakan sistem pengereman yang disematkan pada kebanyakan motor-motor matik masa kini. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Anti-lock Braking System (ABS) merupakan sistem pengereman yang disematkan pada kebanyakan motor-motor matik masa kini.

Sistem pengereman dengan teknologi ABS merupakan salah satu fitur yang penting dalam mendukung kesalamatan berkendara konsumen. Fitur ini berfungsi untuk mencegah kedua roda terkunci dan kehilangan traksi saat sedang melakukan rem mendadak atau hard braking, sehingga motor pun akan lebih mudah untuk di kendalikan.

"Agar sistem pengereman ABS ini dapat berfungsi secara optimal, konsumen juga disarankan untuk rutin mengecek kondisi komponen rem ABS dan pendukug lainnya, agar kegiatan berkendara semakin menyenangkan,” kata Antonius Widiantoro, Manager Public Relation, YRA & Community, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.



Berikut adalah beberapa komponen terkait sistem pengereman ABS, yang perlu dicek secara rutin oleh pemilik sepeda motor.

1. Cek kondisi minyak rem

Minyak rem menjadi salah satu komponen yang perlu diperhatikan, agar sistem pengereman motor dapat berkerja dengan baik. Pastikan volume minyak rem pada tangki reservoir tetap sesuai standard, artinya tidak lebih dan kurang dari batas yang tertera pada tangki tersebut.

2. Cek kondisi kampas rem

Salah satu komponen penting dalam sistem pengereman motor adalah kampas rem, karena komponen inilah yang berfungsi menjepit piringan cakram (dengan bantuan kaliper) pada saat tuas rem ditekan oleh pengendara, ketika ingin mengurangi kecepatan.

Melihat fungsinya yang begitu vital, maka wajib hukumnya mengecek dan membersihkan secara rutin kampas rem dengan untuk menghilang kotoran dan minyak yang mungkin menempel di permukaan kampas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1418 seconds (0.1#10.140)