Hindari Kebiasaan Buruk Ini saat Memiliki Sepeda Motor

Senin, 27 September 2021 - 23:00 WIB
loading...
Hindari Kebiasaan Buruk Ini saat Memiliki Sepeda Motor
Mengendarai sepeda motor dengan aman juga butuh diasah melalui latihan. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Pemilik sepeda motor ternyata masih banyak yang menerapkan kebiasaan buruk dalam berkendara. Hal itu jadi problem tersendiri karena menimbulkan resiko kecelakaan di jalan.

Sebagai pengguna motor Anda mestinya menerapkan pola dan kebiasaan baik dalam mengendarai sepeda motor. Sebaiknya hindari dan jangan ikuti kebiasaan buruk para pengendara seperti hal berikut ini yang dirangkum dari laman resmi Astra Motor (27/09/2021):

1. Modifikasi ekstrem yang melanggar aturan

Melakukan perubahan atau modifikasi pada kendaraan itu merupakan hak dan kesenangan masing-masing pemilik kendaraan . Namun alangkah baiknya lakukan modifikasi yang aman tanpa mengurangi rasa aman dan kenyamanan saat mengendarai sepeda motor. Apalagi melakukan perubahan yang melanggar aturan yang sudah di tetapkan oleh pemerintah.


Seperti memodifikasi knalpot, lampu sangat terang, mesin, ban cacing dan lain-lain. Hal itu tidak hanya dilarang dan tidak hanya berdampak pada penilangan kendaraan Anda, akan tetapi hal tersebut akan berbahaya bagi pengendara lain dan mengurangi rasa nyaman dalam mengemudikan motor.

2. Berkendara tidak menggunakan helm

Ini umumnya sering sekali ditemui disepanjang jalan tentang berkendara tanpa menggunakan helm. Bukan hanya hukum tilang saja yang sudah menunggu Anda, akan tetapi keselamatan Anda juga dipertaruhkan di jalan apabila Anda tetap bersih keras atau mengabaikan menggunakan helm saat berkendara. Utamakan keselamatan dan jangan egois, keluarga Anda sedang menunggu kepulangan Anda dengan selamat di rumah.

3. Mengemudi motor dalam keadaan tidak sehat

Ini juga kerap ditemui, khususnya pada saat menjelang liburan. Banyaknya pengemudi yang memaksakan diri berkendara dalam keadaan tidak fit, ngantuk dan capek. Jika kondisi tidak fit sebaikna hindari melakukan perjalanan terlebih menggunakan kendaraan bermotor yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Badan yang tidak fit akan mengurangi rasa fokus, respon dan sigap tanggap Anda dalam berkendara.

4. Melanggar dan tidak patuh peraturan lalu lintas.

Kebiasaan buruk ini juga paling sering ditemukan bahkan menjadi budaya bagi kebanyakan masyarakat di Indonesia. Pasalnya hal tersebut sangat berbahaya dan berpotensi terjadinya kecelakaan. Seperti melanggar lampu merah, putar balik, melawan arah dll. Jangan sampai kebiasaan buruk Anda akan berdampak dan menimbulkan bahaya bagi pengendara lain. Tetaplah patuhi rambu-rambu lalu lintas dan tetap jagalah kewaspadaan dan keselamatan Anda di jalan
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3106 seconds (0.1#10.140)