Tips Merawat Mobil Pick Up agar Tetap Aman dan Sehat

Kamis, 21 Oktober 2021 - 14:58 WIB
loading...
Tips Merawat Mobil Pick Up agar Tetap Aman dan Sehat
Mobil bak memiliki kiat khusus untuk merawatnya agar usianya panjang dan tetap nyaman dipakai. Foto: dok DFSK
A A A
JAKARTA - Mobil pick up atau bak terbuka umumnya digunakan untuk mendukung kegiatan usaha. Misalnya sebagai angkutan barang. Nah, agar mobil terus nyaman, tidak mudah rusak, serta mendapat kemampuan optimalnya dalam waktu lama, pemilik kendaraan hendaknya melakukan pemeriksaan dan perawatan secara rutin.



PR & Media Manager PT Sokonindo Automobile Achmad Rofiqi mengatakan, pemeriksaan dan perawatan rutin jadi langkah pertama untuk menjaga kondisi DFSK Super Cab tetap prima dan mencegah kerusakan berbagai komponen sedari dini.

”Pemeriksaan dan perawatan mandiri bisa dilakukan di rumah, lokasi kerja, atau tempat lainnya dan mudah untuk dilakukan untuk mengecek kondisi secara cepat,” katanya.

Berikut tips pemilik kendaraan DFSK untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan secara mandiri yang bisa dilakukan setiap saat:

1. Mengecek Kondisi Ban
Hal yang pertama harus diperhatikan adalah tekanan angin. Pastikan ban tidak mengalami kebocoran. Kemudian, setiap 1 pekan sekali pemilik kendaraan sebaiknya melakukan pengisian tekanan air sesuai panduan di pilar B pengemudi.

Kondisi ban kekurangan angin akan berbahaya karena ada resiko ban lebih cepat rusak atau malah meletus apabila sedang membawa beban sangat berat. Selain itu, ban yang kekurangan angin juga akan menghambat gulir roda dan berefek pada konsumsi bahan bakar jadi boros.

Selain itu, di cek juga kondisi kembangan ban apakah masih tebal atau sudah mulai habis (botak). Cara mengecek kembangan ban bisa dilihat dari TWI (tread wear indicator) untuk membantu memeriksa ketebalan tapak ban.

Apabila ban sudah mulai botak, segera diganti dengan baru karena ban yang sudah habis minim traksi di jalan dan berbahaya apabila terus digunakan.

2. Mengecek Kondisi Body dan Bak
Tips Merawat Mobil Pick Up agar Tetap Aman dan Sehat

Mengecek kondisi bodi dan bak bisa dilakukan dengan mudah karena tampak secara kasat mata. Pastikan tidak ada bagian cat terkelupas karena apabila dibiarkan lama-kelamaan bisa menyebabkan karatan, serta akhirnya beresiko bodi menjadi berlubang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3243 seconds (0.1#10.140)