Tips Merawat Sepeda Motor Saat Memasuki Musim Hujan

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 12:03 WIB
loading...
Tips Merawat Sepeda Motor Saat Memasuki Musim Hujan
Memasuki musim hujan, pemilik kendaraan bermotor diminta lebih peduli lagi terhadap kondisi sepeda motornya. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Memasuki musim hujan, pemilik kendaraan bermotor diminta lebih peduli lagi terhadap kondisi sepeda motornya . Karena hujan akan memberikan tantangan dan medan khusus yang menyulitkan baik dari pengemudi maupun kondisi motor itu sendiri.

Jalan yang tergenang dan berlubang menjadi rute sehari-hari jika sudah memasuki musim penghujan. Sepeda motor perlu perhatian ekstra mulai dari spare part hingga kondisi mesin.

Periksa komponen mana saja yang sudah waktunya diganti untuk mengurangi trouble di musim hujan. Berikut cara dan tips merawat sepeda motor saat memasuki musim hujan:



1. Periksa Kondisi Ban

Tips pertama yang wajib Anda terapkan dalam merawat kendaraan bermotor yaitu dengan selalu periksa tekanan angin ban. Pastikan ban tidak kekurangan maupun kelebihan angin.

Lalu perhatikan juga kondisi tapak ban juga perlu jadi perhatian. Hindari mengemudikan motor dalam cuaca hujan dengan kondisi ban botak. Hal tersebut akan sangat berbahaya karena dapat menimbulkan slip dan licin serta dapat berpotensi mengalami kecelakaan.

2. Perhatikan Kondisi Busi

Hal ini juga patut menjadi perhatian ketika akan memasuki musim penghujan. Pasalnya busi kerap tersiram air hujan pada saat mengendarai dalam kondisi hujan.

Jika terkena air maka dapat menyebabkan motor mati dan sulit untuk dihidupkan. Maka dari itu pastikan busi dan juga tutupnya dalam kondisi baik dan tidak mudah terkena air.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5084 seconds (0.1#10.140)