Lagi Bikin Heboh karena Diprotes, Ini Cara Kerja Mobil Google Street View

Rabu, 27 Oktober 2021 - 08:00 WIB
loading...
Lagi Bikin Heboh karena Diprotes, Ini Cara Kerja Mobil Google Street View
Mobil Google Street View akan selalu berupaya mencapai berbagai wilayah yang memang bisa ditempuh mobil. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Mobil Google Street View saat ini tengah jadi perbincangan karena diprotes oleh seorang warga Tangerang yang tidak terima wilayah tempat tinggalnya dipetakan oleh mobil itu. Protes dilakukan karena dianggap tidak berizin dan melanggar privasi.

Apalagi setelah protes itu dilakukan peta tempat tinggal warga itu ternyata benar-benar muncul di Google Street View. Lalu seperti apa sih cara kerja mobil Google Street View?

Perlu diketahui peta yang diperlihatkan Google Street View bukanlah tampilan yang dihasilkan oleh satelit. Google Street View murni mengandalkan pemetaan yang dilakukan oleh mobil Google Street View.

Jadi mobil itu akan terus wara-wiri di setiap jengkal bumi untuk melakukan pemetaan yang menyeluruh. Seperti yang pernah dilihat oleh banyak orang, mobil Google Street View memang dilengkapi oleh kamera 3 dimensi dengan sebuah tripod berukuran besar.



Lagi Bikin Heboh karena Diprotes, Ini Cara Kerja Mobil Google Street View


"Mobil Street View memiliki kamera khusus yang mengambil foto saat mereka berkendara di jalan umum," kata juru bicara Google dikutip Reader's Digest.

“Setelah diambil, foto-foto akan melalui pemrosesan komputer untuk membuatnya siap digunakan di Google Maps,” sambungnya lagi.

Pemrosesan gambar "menjahit" foto itu kemudian ditampilkan dalam bentuk gambar 360 derajat yang bisa Anda lihat di Google Street View. Tentunya ada beberapa ketentuan dilakukan untuk menjaga privasi orang lain seperti mengaburkan wajah atau pelat nomor kendaraan yang tertangkap kamera mobil Google Street View.

Kamera yang digunakan oleh mobil Google Street View memang bukan kamera biasa. Anda mungkin akan bingung melihat bentuknya ketika bertemu mobil itu. Pasalnya kamera itu memang berjejalan dengan teknologi yang sangat khusus seperti laser, Digital GPS, hingga LIDAR (Light Detection and Ranging) yakni sebuah teknologi peraba jarak jauh optik yang mengukur properti cahaya yang tersebar untuk menemukan jarak dan/atau informasi lain dari target yang jauh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3208 seconds (0.1#10.140)