5 Inovasi Dunia Otomotif dari Masa ke Masa

Jum'at, 29 Oktober 2021 - 11:03 WIB
loading...
A A A
DKW Jerman pertama kali menggunakan teknologi ini pada tahun 1931, tetapi Sir Alexander Arnold Constantine Issigonis-lah yang mengubah dunia otomotif ketika ia mendesain Austin Mini.



Dia mempunyai ide jika mesin dapat dipasang secara melintang akan jauh lebih kompak. Ini adalah desain yang mengubah lanskap otomotif dan masih digunakan sampai sekarang dalam segala hal mulai dari mobil kompak hingga SUV besar, dengan berbagai konfigurasi mesin yang telah digunakan selama beberapa dekade.

3. Turbocharging

Seorang insinyur Swiss menciptakan turbocharger pertama yang layak secara komersial. Dengan memaksa udara ekstra ke mesin pesawat, ini mengimbangi efek penurunan kepadatan udara yang dicampur dengan bahan bakar di ketinggian tinggi.

Teknologi kemudian pindah ke kapal dan kemudian truk bertenaga diesel. Pada 1950-an, perusahaan-perusahaan Amerika merintis jalur produksi turbocharging pertama dengan Corvair Monza dan Oldsmobile Jetfire.

Sedangkan BMW 2002 Turbo adalah mobil turbocharged pertama yang benar-benar populer. Porsche kemudian menggunakan teknologi tersebut untuk menciptakan Porsche 911 Turbo.

4. Navigasi GPS

Mazda merupakan mobil pertama yang menggunakan GPS militer AS di Eunos Cosmo khusus Jepang pada tahun 1990. Toyota juga sempat memperkenalkan sistem navigasi menggunakan CR-ROM namun kurang populer.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1840 seconds (0.1#10.140)