Tips Ampuh Agar Kendaraan Anda Lolos Uji Emisi, Begini Caranya!

Jum'at, 29 Oktober 2021 - 19:02 WIB
loading...
Tips Ampuh Agar Kendaraan Anda Lolos Uji Emisi, Begini Caranya!
Bagi Anda yang rajin melakukan perawatan rutin kendaraan, uji emisi ini tidak masalah. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Dalam waktu dekat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menerapkan aturan ketat terkait uji emisi kendaraan. Aturan ini jelas membuat pemilik kendaran ketar-ketir, apalagi mobilnya sudah berusia lebih dari lima tahun.

Aturan yang akan diterapkan ini sudah memiliki payung hukum, Peraturan Gubernur DKI Jakarta no. 66 tahun 2020 tentang mengatur Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor yang dihasilkan.

Pergub ini sebenarnya sudah diterapkan sejak 24 Januari 2021 lalu, namun mulai 14 November aturan ini diwajibkan bagi seluruh kendaraan bermotor di Jakarta.

Bagi Anda yang rajin melakukan perawatan rutin, mulai dari service hingga ganti oli tentunya uji emisi ini tidak masalah. Karena perawatan rutin kendaraan menjadi kunci emisi gas buang sesuai dengan ambang batas yang ditetapkan.



Namun bagaimana cara agar kendaraan Anda lolos dari uji emisi , berikut tips yang bisa dilakukan yang dikutip dari My Pertamina:

1. Periksa Sistem Pendingin dan Oli Mesin

Untuk lolos dari uji emisi yang pertama caranya dengan periksa suhu dan pelumasan oli mesin. Selalu gunakan oli yang berkualitas baik untuk dapat melumasi mesin kendaraan Anda secara menyeluruh.

Begitu pula pada sistem pendinginnya juga harus berada di suhu yang stabil. Sebab pelumasan dan suhu mesin dapat mempengaruhi kadar CO yang mengendalikan emisi gas buang.

Bersihkan juga knalpot kendaraan Anda agar kotoran serta oli yang tertampung pada dalam knalpot dapat hilang dan tidak mengganggu emisi kendaraan Anda,

2. Pastikan Saluran Bahan Bakar Bersih

Tips ini tidak hanya meloloskan Anda pada tahap uji emisi saja, tetapi cara ini juga bisa membuat usia pakai kendaraan Anda menjadi lebih lama dan awet. Hal itu disebabkan karena pembakaran yang bersih dan sempurna.

Maka dari itu selalu perhatikan sistem saluran bahan bakar seperti busi, filter udara, injeksi, karburator, koil dan seluruh sensor pendukung lainnya.



3. Hindari Modifikasi Mesin

Memodifikasi mesin ternyata dapat mengubah spesifikasi kendaraan yang tidak sesuai dengan anjuran pabrik.

Selain itu melakukan modifikasi juga dapat memengaruhi gas buang kendaraan yang bisa memuat kendaraan Anda tidak lolos uji emisi.

Ditambah lagi, modifikasi di bagian mesin juga akan mengurangi kenyamanan, membahayakan pengendara, dan penumpangnya.

4. Rutin Service Berkala

Servis berkala secara rutin akan dapat membantu meloloskan Anda dari tahapan uji emisi . Hal itu disebabkan karena kondisi kendaraan Anda bekerja secara optimal dan sehat. Dengan melakukan service berkala Anda dapat mengetahui lebih detail mengenai kondisi kendaran Anda.



5. Pakai Bahan Bakar Berkualitas

Tips yang terakhir yang dapat membantu Anda dalam lolos untuk melewati tahapan uji emisi yaitu dengan selalu memakai bahan bakar berkualitas. Akan tetapi dengan catatan sesuaikan dengan rekomendasi dari pihak pabrikan.

Karena bahan bakar berkualitas akan menghasilkan emisi gas buang yang sudah ditetapkan. Selain itu ruang bakar kendaraan Anda juga bersih, efisien dan memiliki performa maksimalnya.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1864 seconds (0.1#10.140)