Waspada, Ini 5 Kesalahan Bikers Ketika Berkendara Saat Hujan

Selasa, 09 November 2021 - 22:39 WIB
loading...
Waspada, Ini 5 Kesalahan Bikers Ketika Berkendara Saat Hujan
Memasuki musim hujan dengan intensitas tinggi membuat Anda wajib berhati-hati saat mengendarai motor jika tidak ingin celaka. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Memasuki musim hujan dengan intensitas tinggi membuat Anda wajib berhati-hati saat mengendarai motor . Karena banyak kasus kecelakaan yang diakibatkan oleh kesalahan dalam mengemudikan sepeda motor pada kondisi hujan deras.

Kesalahan berkendara saat hujan deras tidak saja membahayakan bagi Anda tapi juga mengendara lain. Ketika Anda tergelincir saat hujan, bisa saja pengendara di sebelah akan tersenggol dan ikut terjatuh.

Ketika hujan deras, tak hanya membuat jalan semakin licin namun juga membuat jarak pandang semakin pendek. Ditambah lagi, peralatan yang Anda gunakan saat berkendara dalam kondisi hujan juga bisa mengakibatkan kecelakaan.



Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 5 kesalahan para bikers dalam mengemudikan motor saat kondisi hujan:

1. Memakai Jas Hujan Ponco

Perlu Anda ketahui, mengendarai motor menggunakan jas hujan model ponco ternyata begitu berbahaya. Karena jas hujan model ini memang didesain untuk pejalan kaki.

Jika digunakan dalam mengendarai motor maka jas ujan jadi mengembang. Kondisi seperti itu tentunya dapat mengurangi kenyamanan berkendara serta menghalangi pandangan pengemudi lain.

Pilihlah jas hujan dengan model jaket lengkap dengan celana yang aman dan nyaman.

2. Pakai Lampu LED Putih

Salah besar bila lampu kuning halogen asli pabrikan digantikan dengan lampu putih LED afermarket. Memang bila kondisi tidak hujan cahaya tersebut akan nampak cerah.

Begitu hujan mengguyur, maka lampu led berwarna putih intensitas cahanya akan berkurang. Ini disebabkan karena lampu berwarna putih tidak bisa menembus hujan.



3.Kaki Diangkat Ketika Berkendara

Kesalahan ini kerap ditemui hampir semua pemilik motor saat ujan. Alih-alih berguna untuk menghindari cipratan air sampai membasahi sepatu dan alas kaki, justru hal itu dapat membahayakan.

Selain karena kurangnya keseimbangan, dengan menaikan kaki ke body motor justru akan menghilangkan kesigapan Anda saat berkendara. Hal itu pastinya berbaya dan dapat berpotensi terjadi kecelakaan tunggal.

4. Memakai Sandal Jepit

Menggunakan sendal jepit saat berkendara dalam kondisi hujan juga merupakan suatu kesalahan. Hal ini karena sendal tidak akan melindungi kaki Anda secara menyeluruh saat terjadi kecelakaan.

Biar bagaimanapun, mengendarai sepeda motor lebih baik menggunakan sepatu dalam rangka menerapkan gaya safety riding.



5. Berteduh di Bawah Jembatan

Jadi pemandangan biasa ketika hujan mengguyur sejumlah pengendara sepeda motor akan mencari tempat berteduh dimana saja, tak perduli itu menghalangi kendaraan lain melintas.

Biasanya, bikers akan memilih berteduh di bawah jemabtan penyebarangan atau fly over. Dengan begini, kendaraan yang terparkir akan memakanbadan jalan sehingga akan membuat kendaraan lain sulit bergerak.

Untuk itu, biasakan membawa jas hujan ketika kondisi musim hujan. Cari tempat yang memang tidak mengganggu lalu lintas ketika ingin berteduh agar arus lalu lintas tetap kondusif.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2207 seconds (0.1#10.140)