Generasi Baru YZF-R15 Meluncur, Makin Canggih dan Aman

Rabu, 01 Desember 2021 - 12:06 WIB
loading...
Generasi Baru YZF-R15 Meluncur, Makin Canggih dan Aman
Yamaha R15M Connected ABS edisi terbatas World Grand Prix 60th Anniversary livery dibanderol Rp44,1 juta. Foto/DOK.YIMM
A A A
JAKARTA - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) merilis generasi baru Yamaha R15, Rabu (1/12/2021) ini. Menariknya motor sport entry level buatan Yamaha itu kini dilengkapi dengan dua varian baru yakni Yamaha R15M Connected-ABS dan Yamaha R15 Connected.

Dalam keterangan resmi, Yamaha mengatakan generasi baru Yamaha R15 itu lahir dari konsep Racing DNA dan momen kejayaan Yamaha di balapan motor tingkat dunia. President Director & CEO PT YIMM mengatakan peluncuran generasi baru Yamaha R15 terjadi di waktu yang sangat spesial buat Yamaha.

Pasalnya belakangan ini Yamaha menjadi juara dunia di tiga balapan motor tingkat dunia yakni MotoGP, World Super Bike dan World Super Sport pada musim balap 2021. "Saya yakin banyak orang termasuk saya sendiri telah menunggu momen spesial ini, dimana Yamaha kembali memperkenalkan produk yang luar biasa, yang dapat memenuhi harapan, semangat dan juga gaya hidup para pecinta motorsport di Indonesia. Dengan bangga kami perkenalkan model R Series terbaru dari Yamaha, yang dapat membawa Anda ke level berkendara sport baru dengan fitur Yamaha Connect,” ungkap Minoru Morimoto.

Yamaha mengatakan generasi baru Yamaha R15 merupakan perwujudan Racing DNA Yamaha dalam bentuk “The True Supersport Machine 155”, yang dikembangkan dengan konsep Jin-Ki Kanno. Makna Jin-Ki Kanno adalah kegembiraan yang luar biasa yang dirasakan oleh pengendara ketika menjadi satu dengan sepeda motornya.



Generasi Baru YZF-R15 Meluncur, Makin Canggih dan Aman


Konsep pengembangan produk yang eksklusif dan unik yang diwariskan dari Yamaha dari generasi ke generasi ini, digunakan oleh designer dan engineer Yamaha untuk mengembangkan All New R15 Connected.

Fitur konektivitas memang jadi faktor menarik di generasi baru Yamaha R15. Kini motor sport andalan Yamaha itu dapat terhubung dengan smartphone pengendara melalui koneksi bluetooth, sehingga berkendara semakin mudah dan praktis.

Selain itu terdapat fitur-fitur menarik lainnya seperti Traction Control System (TCS) yang berfungsi mencegah ban belakang kehilangan traksi (selip) saat motor sedang berakselerasi di segala kondisi permukaan jalan.



Lalu terdapat Dual Channel Anti-lock Braking System (ABS) yang membuat kontrol pengereman semakin optimal. Motor itu juga memiliki suspensi Up Side Down (USD) yang meningkatkan handling, pengendalian lebih maksimal serta menjadikan motor tampak gagah dan sporty. Ada juga fitur Big Bike Engine Switch Off berupa tombol starter yang terdiri dari tombol 3 in 1 cut off/on dan starter engine, memberikan sensasi berkendara terasa berbeda ala big bike.

Untuk jantung mekanis, generasi baru Yamaha R15 dibekali mesin berkapasitas 155cc SOHC, 4 katup dan berpendingin cairan. Mesin ini mempunyai daya maksimum 14,2 kW/10000 rpm dan torsi maksimum 14,7 Nm/8500 rpm sehingga mampu mencapai akselerasi berkendara yang memuaskan. Terlebih lagi telah dilengkapi dengan Variable Valve Actuation (VVA) yang membuat torsi merata di setiap putaran mesin.

Performanya pun disempurnakan dengan penyematan Quick Shifter yang memudahkan pengendara melakukan perpindahan gigi ke atas, tanpa menarik tuas kopling. Kehadiran fitur ini sekaligus mendukung terpenuhinya keinginan merasakan akselerasi maksimal. Selain itu, dengan Assist & Slipper Clutch akan membuat tarikan kopling lebih ringan, sedangkan Slipper clutch berfungsi untuk mencegah terjadinya selip pada roda belakang saat melakukan engine brake, ketika menurunkan gigi secara cepat.

Untuk harga , Yamaha R15M Connected-ABS dipasarkan dengan harga Rp43,5 juta on the road. Yamaha R15 Connected dijual di Rp38,9 juta on the road. Terakhir Yamaha R15M Connected-ABS edisi terbatas World Grand Prix 60th Anniversary livery dibanderol Rp44,1 juta.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1955 seconds (0.1#10.140)