Begini Cara Cas Aki Kering, Gampang Kok!

Jum'at, 10 Desember 2021 - 20:57 WIB
loading...
Begini Cara Cas Aki Kering, Gampang Kok!
Cara cas aki kering sering ditanyakan pemilik kendaraan ketika aki mulai tekor yang ditandai dengan sulitnya kendaraan distarter. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Cara cas aki kering sering ditanyakan pemilik kendaraan ketika aki mulai tekor yang ditandai dengan sulitnya kendaraan distarter. Mereka kebanyakan tidak tahu kalau aki kering juga bisa dicas seperti aki basah.

Selama ini, pemilik kendaraan banyak yang tidak tahu kalau aki kering juga bisa dicas. Padahal mengecas aki kering dianjurkan sebagai salah satu perawatan aki jika strumnya sudah lemah.

Namun pemilik kendaraan juga perlu mengetahui aki kering yang kondisinya seperti apa yang bisa dicas. Karena aki kering yang kondisinya sudah soak atau rusak tentu sudah tidak bisa dicas.

Aki kering yang masih bisa dicas adalah yang hanya lemah setrum. Biasanya kondisi ini terjadi karena kendaraan tidak dipakai dalam jangka waktu yang lama.

BACA : Aki Mobil Anda Tekor? Bisa Jadi Ini Biang Keroknya

Selama tidak dipakai, otomatis aki tidak mendapat pasokan listrik yang didapat dari putaran mesin kendaraan.

Sekedar memanaskan mesin juga tidak bisa mengisi strum sempurna. Karena listrik pada aki akan mendapatkan pasokan ideal setelah menempuh jarak sekitar 40 kilometer.

Jika memang terpaksa untuk cas aki kering kendaraan, sebaiknya menggunakan charger yang memiliki fitur cut-off. Ini berguna ketika strum aki sudah penuh, charger akan memutus arus listrik sehingga aki bisa terhindar dari masalah over charge.

Berikut cara cas aki kering sendiri di rumah yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Cari Lokasi Aman
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0916 seconds (10.55#12.26)