Mencoba Fitur Honda Sensing di All New Honda BR-V di Perjalanan Luar Kota

Rabu, 09 Maret 2022 - 22:00 WIB
loading...
A A A
Apa Sebenarnya Honda Sensing?
Mencoba Fitur Honda Sensing di All New Honda BR-V di Perjalanan Luar Kota

Secara singkat, Honda Sensing adalah serangkaian fitur keselamatan di mobil Honda menggunakan kamera dan radar yang ada di mobil.

Fitur Honda Sensing ini banyak. Ada Lead Car Departure Notification System (LCDN), Collision Mitigation Brake System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC), hingga Auto-High Beam.

Semuanya menjadi satu solusi yang tujuannya membuat konsumen lebih nyaman dan lebih aman.

Pertanyaannya, bergunakah fitur di jalanan Indonesia? Adakah dampaknya terhadap kenyamanan, atau malah keselamatan?

Pengujian Jarak Jauh
Mencoba Fitur Honda Sensing di All New Honda BR-V di Perjalanan Luar Kota

Cara terbaik untuk menguji fitur Honda Sensing adalah dengan melakukan perjalanan jauh. SINDONews melakukannya dalam test drive All New Honda BR-V menempuh rute Jakarta-Solo belum lama ini. Ada beberapa kesimpulan yang di dapat.

Pertama, fitur terbaik di Honda Sensing adalah Adaptive Cruise Control (ACC). Inilah fitur andalan yang sulit ditemukan di kompetitor pabrikan Jepang lainnya ataupun Korea sekelas.

Fitur ini juga yang membuat All New Honda BR-V “stand out” di rentang harganya.

Singkatnya, ACC adalah fitur semi otonom yang membuat mobil bisa ”mengemudi sendiri”. Mirip Tesla, dengan level yang berbeda.
Kamera dan radar terkoneksi dengan komputer di mobil, membuat All New Honda BR-V bisa menjaga kestabilan kecepatan mobil sambil mengatur jarak dari kendaraan yang di depannya.

Mengaktifkannya cukup 2-3 detik. Cuma butuh beberapa sentuhan di tombol setir. Dengan ACC, mobil kita akan terus menerus mengikuti mobil di depannya. Jika mobil di depan mengerem, mobil kita akan ikut mengerem. Sampai dibawah 40 km/jam maka otomatis ACC akan non aktif. Ini berbeda dengan fitur ACC di Honda Accord atau Honda CR-V yang sudah dibenamkan fitur tambahan ACC dengan Low Speed Follow (LSF).

Jika mobil di depan ngebut, maka All New Honda BR-V juga akan ikut ngebut sesuai kecepatan yang sudah kita tentukan sebelumnya (maksimal 180 km/jam).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2836 seconds (0.1#10.140)