Ini Komponen dan Cara Cek Kerusakan Kaki-kaki Mobil Biar Nyaman Dikendarai

Sabtu, 12 Maret 2022 - 20:17 WIB
loading...
A A A
Bearing merupakan salah satu bagian yang menjadi bantalan di roda, sehingga akan sangat berpengaruh pada perputaran roda. Komponen bearing juga akan mempengaruhi kestabilan laju mobil.

Cara mendeteksi kerusakan pada bagian bearing adalah dengan memperhatikan perputaran roda dengan cara mendongkrak mobil dan melihat putaran roda satu persatu.

Apabila Anda mendengar suara bising atau gemuruh maka hal ini bisa menjadi tanda masalah pada komponen ini. Solusinya yaitu menggantinya dengan bearing yang baru.

3. Bushing Arm

Komponen ini mempunyai fungsi mencengkeram roda pada titik tumpu roda. Bushing arm berbentuk selongsong besi dan disokong oleh karet. Fungsi lain dari komponen ini adalah meredam getaran pada sambungan suspensi.



Untuk mengetahui kerusakan pada bushing arm, biasanya bisa dirasakan saat mobil dikendarai terasa tidak nyaman. Pacu mobil denan kecepatan sedang dan konstan, jika terasa setir buang kanan atau kiri bisa dipastikan kalau bushing arm harus diperbaiki atau diganti.

4. Ball Joint

Ball joint adalah bagian dari komponen mobil yang berfungsi sebagai pengikat dan sebagai sumbu Lower Arm atau as roda mobil. Bagian ball joint ini akan membantu mempertahankan posisi as roda mobil saat berbelok.

Untuk mengetahui apakah ball joint mengalami kerusakan, cek dengan terlebih dahulu mendongkrak mobil. Setelah itu, tekan ban ke atas dan ke bawah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1445 seconds (0.1#10.140)